oleh

Dinas Pemadam Kebakaran Konut Gelar Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

-Pena Daerah-200 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Desa Puuwanggudu, Kecamatan Asera pada Selasa, 17 Mei 2022. Sosialisasi ini akan berlanjut di beberapa titik di wilayah Kabupaten Konut.

Bertempat di balai desa, kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri unsur pemerintah Desa Puuwanggudu, Kecamatan Asera, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh wanita, tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat Desa Puuwanggudu.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan, Usman Anwar mengatakan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi serta memberikan pengetahuan dasar kepada masyarakat dalam memahami pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.

“Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meminimalisir terjadinya bencana kebakaran diwilayah Kabupaten Konawe Utara terkhusus diwilayahnya Desa Puuwanggudu,” kata Usman dalam sambutannya.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat Desa Puuwanggudu yang mengikuti sosialisasi ini dapat memberikan saran dan masukan yang sifatnya membangun sehingga kedepannya Dinas Pemadam Kebakaran dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Konawe Utara pada umumnya sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wabup Konut Konasara Jilid II.

Di tempat yang sama, kepala bidang pencegahan dan penyelamatan, Ansar Junus menyampaikan sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi atau pemahaman kepada peserta sosialisasi tentang jenis api dan cara pencegahan serta penanggulangannya.

“Jadi kami Dinas Pemadam Kebakaran, dengan sosialisasi ini masyarakat bisa menjadi perpanjangan tangan atau informasi menyampaikan sebagai langkah awal antisipasi kebakaran dan pengendalian resiko agar kita selalu berhati-hati,” jelas Ansar.

Ia menyampaikan, ancaman bahaya kebakaran dapat menimbulkan bencana besar akibat kebakaran api yang meluas.

“Dampak-dampak kebakaran itu bisa berakibat sangat fatal sehingga kita lakukan sosialisasi ini memberikan edukasi melakukan pencegahan dini berupa antisipasi dan dapat mencegah korban lainnya, “bebernya.

“Musibah bencana kebakaran banyak menimbulkan kerugian materil dan bahkan sampai mengakibatkan korban jiwa,” tutupnya.

Diketahui, dalam kegiatan sosialisasi ini Dinas Pemadam Kebakaran juga melakukan simulasi pencegahan jika terjadi kebakaran

Penulis: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait