oleh

Dinilai Abaikan Pembenahan Pantai Katembe, Dispar Buteng di Demo

PENASULTRA.COM, BUTENG – Puluhan pemuda yang menamakan diri Aliansi Pemuda Buton Tengah Bersuara (APBTB) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Buton Tengah (Buteng) Senin 5 Agustus 2019.

Aksi unjuk rasa ini menyoroti kinerja Dinas Pariwisata di Buton Tengah.

“Kami meminta Pemda khususnya Dinas Pariwisata untuk mengalokasikan anggaran untuk pengembangan Pantai Katembe,” tegas Arfan Koordinator Aksi, di depan kantor Bupati Buteng.

Menanggapi aksi ini, Kepala Dinas Pariwisata Safrin menjelaskan, Pantai Katembe ini tidak tunggal. Masih ada hal lain. Dan Dispar Buteng kata Safrin, sangat memperhatikan Pantai Katembe. Karena sudah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata.

Safrin juga menuturkan bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) pertama tahun 2017 sebanyak Rp2 miliar, dialokasikan untuk penataan Pantai Katembe. Namun, lanjut dia, upaya pemda tersebut dibatalkan dan dipindakan lokasinya.

“Jadi kasusnya adalah pada saat kontrak, masyarakat Bonioge dan Madongka itu komplein soal tapal batas dan pada saat itu dilarang dikerjakan proyek itu. Sehingga dinas pariwisata alihkan ke Pantai Mutiara karena masalah lahan disana belum tuntas. Dan sampai hari ini secara tekhnis sedang melakukan pendekatan-pendekatan dengan dua masyarakat ini agar pantai katembe itu bisa kita kembangkan,” pungkasnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Mil

NEWS FEED