oleh

Diperingatan Hardiknas, Bupati Buteng Ajak Masyarakat Kokohkan Persatuan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Di moment peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardikmas) yang jatuh pada 2 Mei 2019, Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin mengajak kepada seluruh masyarakat agar memperkokoh persatuan bangsa.

Mengingat, kata Samahuddin, 2 Mei merupakan hari pendidikan nasional yang diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara tokoh pahlawan nasional sekaligus bapak Pendidikan Nasional.

“Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab,” ujarnya di pelataran Kantor Bupati Buteng, Kamis 2 Mei 2018.

Baca Juga:  Hot Mix Poros Lolibu-Mawasangka Bakal Telan Anggaran Rp9,9 Miliar

Samahuddin menjelaskan, terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Sebagaimana terkandung dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13.

“Semarak peringatan hari pendidikan nasional menjadi kewajiban seluruh jajaran pemerintah diseluruh Indonesia, tidak terkecuali Pemerintah Kabupate Buteng,” ulasnya.

Baca Juga:  Di HUT ke 5, Pemda Buteng Gelar Cultur Karnaval

Masih kata Samahuddin, Indonesia baru saja berhasil melewati perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir 22 Mei 2019.

“Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan dalam berdemokrasi,” jelasnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Bas

NEWS FEED