oleh

Festival Walingkabola Pertontonkan Lomba Perahu Dayung

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Tiga hari pasca Idul Fitri 1439 Hijriah, ada yang menarik di Pantai Walingkabola di Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wisata pantai yang cukup terkenal dengan panorama dan keindahan terumbu karangnya itu, digelar festival.

Pada festival itu pula, selain pengunjung dipertontonkan keindahan pantainya, masyarakat setempat juga menyajikan berbagai perlombaan perahu dayung dan lomba perahu layar.

Kades Oempu, Safar mengatakan, bukan hanya lomba yang akan disajikan untuk pengunjung dan peserta, namun festival ini juga akan dirangkai dengan kampanye terumbu karang dan promosi tempat-tempat indah yang ada di wilayah tersebut.

“Ini salah satu upaya pemerintah daerah Muna untuk melestarikan destinasi wisata yang dimiliki. Dukungan masyarakat juga diharapkan guna menjaga kelestarian pantai dan tempat-tempat wisata lainnya,” kata Safar, Senin 18 Juni 2018.

Ia mengungkapkan, semenjak terbentuknya Desa Oempu, Festival Walingkabola ini sudah menjadi kebiasaan turun temurun.

“Sempat berhenti. Tapi melalui pemerintah dan pemuda Walingkabola kegiatan ini kembali digagas,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, pada lomba perahu dayung dan perahu layar yang berlangsung selama dua hari ini (18-19 Juni 2018), panitia menyiapkan piala dan uang tunai.

Bagi juara I akan memperoleh uang sebesar Rp2,5 juta, juara II Rp1,5 juta, juara III Rp1 juta. Tidak hanya itu, untuk setiap peserta akan mendapatkan hadiah hiburan sebesar Rp100 ribu.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED