oleh

Gandeng Dinas Kesehatan, Satgas TMMD Kodim Muna Gelar Penyuluhan Kesehatan

-Pena Daerah-184 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Satgas TMMD ke-109 Kodim 1416/Muna bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muna menggelar penyuluhan kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada sejumlah masyarakat Desa Bone Kancitala.

Kegiatan ini digelar di Aula Puskesmas Bone, Desa Bone Kancitala, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis, 15 Oktober 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.

Penyuluhan kesehatan ini merupakan salah satu program non fisik TMMD ke-109 Kodim 1416/Muna yang dihadiri oleh puluhan warga, antara lain perangkat desa, anggota badan permusyawaratan desa (BPD), kader posyandu dan pengurus PKK.

Dalam meterinya, Kepala Puskesmas Bone, Asnawati yang didampingi Pasiter Kodim 1416/Muna Lettu Arh Syarifuddin dan Camat Bone Mulyono memaparkan bahwa pola hidup bersih dan sehat sangat perlu dijaga serta dilestarikan di lingkungan. Apalagi saat ini, banyak pengaruh yang datang dari luar sehingga hal itu memudahkan serangan virus dan penyebaran berbagai penyakit.

Ia juga menjelaskna bahwa perilaku hidup bersih dan sehat adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran, sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesadaran masyarakatnya.

Untuk mencapai taraf kesehatan bagi semua masyatakat, maka paling sedikit yang harus tercakup dalam pelayanan kesehatan dasar adalah pendidikan tentang masalah kesehatan umum, cara pencegahan dan pemberantasannya, seperti tidak merokok, makan dengan gizi yang seimbang, rumah yang mempunyai jamban, dan lain-lain.

“Peningkatan persediaan pangan dan kecukupan gizi, penyediaan air minum dan sanitasi dasar. Lalu, pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana serta imunisasi termasuk pengobatan dan pengadaan obat,” paparnya.

Lanjutnya, pelayanan kesehatan dasar merupakan kunci untuk mencapai derajat kesehatan yang layak bagi semuanya.

Ia mengharapkan, usai penyuluhan ini masyarakat dapat memahami tentang arti hidup sehat dan busa diajarkan pada anak-anaknya.

“Seperti membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan dengan air bersih sebelum makan, melatih anak untuk buang air besar/kecil ditempatnya dan pemberian gizi yang memadai”, pungkasnya.

Penulis: Husain

NEWS FEED