oleh

Harhubnas 2019, Momentum Perbaikan Keselamatan Pelayaran

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Kesyhbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Kendari, Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Benyamin Ginting mengatakan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 menjadi momentum untuk memperbaiki keselamatan pelayaran khsususnya di laut Kendari.

Benyamin mengungkapkan, pihaknya telah diinstruksikan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) perhubungan laut guna memastikan keselamatan dan kenyamanan di perhubungan laut.

“Dirjen Perhubungan laut telah memberikan instruksi kepada UPTD daerah dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan pada pelayaran,”ungkap Lektkol Benyamin saat ditemui usai upacara Harhubnas di terminal Baruga, Selasa 17 September 2019.

Baca Juga:  KSOP Kendari Perketat Pengawasan Pelabuhan

Selain itu, Benyamin menyebut perbaikan kinerja petugas di pelabuhan, perlu kiranya sinergitas seluruh pihak terkait dalam memperbaiki infrastruktur dan fasilitas di pelabuhan penyeberangan.

“Kita sudah mendapat armada baru dari Dirjen perhubungan laut, yaitu satu unit kapal dengan tujuan Kendari ke Salabangka dengan kapasitas yang lebih baik dan aman, kapal itu sangat cocok untuk kondisi perairan dangkal,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, tambahnya, KSOP Kendari juga kedepannya berencana menerapkan sistem E-ticketing atau tiket online bagi penumpang kapal laut.

Baca Juga:  Antisipasi Lonjakan Penumpang, KSOP Kendari Tambah Armada Kapal

“Kedepannya bagi seluruh penumpang sistem beli tiket nya secara online. Jadi akses masuk dan keluarnya hanya satu, semua itu agar mudah dikontrol agar tidak ada lagi masalah-masalah di pelabuhan,” ujarnya.

Benyamin juga berharap, agar seluruh dermaga milik ASDP bisa diperbaiki secepatnya guna mendukung keamanan pelayaran.

“Kalau bisa dibangun juga dermaganya supaya layak. Semoga secepatnya bisa terealisasi,” pungkasnya.(b)

Penulis: Burhanuddin
Editor: Bas

NEWS FEED