oleh

Kado di Harhubnas 2019, Dua Terminal di Kendari Naik Kelas

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Terminal Baruga, Kota Kendari, Selasa 17 September 2019.

Harhubnas tahun ini dirangkaikan dengan naiknya status Terminal Baruga dari tipe C ke tipe B. Setelah Juli 2019 lalu Terminal Puuwatu naik status dari B ke A.

Gubernur Sultra, Ali Mazi saat memimpin langsung upacara menilai, sektor perhubungan memiliki peranan strategis. Sebab, keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh alat transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Baca Juga:  Pembangunan RS Jantung Berstandar Internasional di Sultra Dimulai

Disebutnya, salah satu capain di bidang perhubungan adalah status Terminal dapat berdampak positif pada pendapatan asli daerah (PAD) serta kelancaran transportasi di Sultra.

“Terminal Puuwatu sudah kita serahkan dari pemprov ke pusat. Nanti 2020 sudah mulai, lumayan anggarannya mencapai Rp30 sampai Rp50 miliar,” ucap Ali Mazi.

Baca Juga:  Ali Mazi: KUR dan UMi Dapat Menurunkan Angka Kemiskinan di Sultra

Sementara itu, Kepala Dinas Perhuhungan (Dishub), Hado Hasina mengatakan, kedepan, setiap kabupaten dan kota di Sultra akan memilik terminal agar keselamatan dan kenyamanan dapat terwujud.

“Ini yang selalu kita lupa. Harusnya Terminal ada di 17 kabupaten kota di Sultra,” tukasnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Faisal

NEWS FEED