oleh

HUT Konut ke- 15, 48 Paguyuban Berbagai Daerah Turut Serta dalam Pawai Budaya

-Pena Daerah-519 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Konawe Utara (Konut) yang ke 15 diikuti 48 Paguyuban dari berbagai daerah pada Senin, 3 Januari 2021.

Pantauan awak media, perayaan hari jadi Kabupaten Konawe Utara tersebut dibuka dengan Pawai Budaya Nusantara yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah yang menampilkan budaya yang ada di Indonesia, seperti Bali, Papua, Maluku, Jogjakarta, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), serta pawai OPD lingkup pemerintah Kabupaten Konut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara peringatan hari jadi dengan pembina upacara Bupati Konut Dr H Ruksamin.

Acara ini juga ikut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Konut, H Abu Haera, jajaran Forkopimda, serta turut hadir Akmal Malik, selaku pimpinan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda) dan Bapak Dr. H. Lukman Abunawas, selaku Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Serta Amran Sulaiman.

H Ruksamin selaku Bupati Konut juga memimpin deklarasi damai antar suku dan umat beragama agar selalu tercipta kerukunan dan kedamaian sehingga dapat menunjang pembangunan daerah, menuju Konawe Utara yang lebih sejahtera dan berdaya saing.

Deklarasi kesepakatan tersebut menghasilkan enam poin yakni:

  1. Memperkokoh kerukunan dalam bingkai kebhinekaan negara kesatuan RI
  2.  Mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan demi terciptanya kerukunan bermasyarakat
  3. Saling menghormati dan menghargai perbedaan adat, kebiasaan, suku dan agama
  4. Tidak terpengaruh oleh provokasi melalui pemberitaan yang tidak benar yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa
  5. Menolak segala bentuk kekerasan anarkisme dan tindakan yang melanggar hukum
  6. Berperan aktif mendukung pemerintah TNI dan polri dalam hal penegakan hukum demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat Sulawesi Tenggara.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait