oleh

Jalan Desa Wandiri Memprihatinkan, Pemda Usulkan Pengaspalan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Jalan poros Desa Persiapan Wandiri, Kecamatan Wakorumba Selatan, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), sangat memprihatinkan. Sejak 2009 lalu, kondisi jalan poros desa ini tidak terurus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Muna Fadjaruddin Wunanto mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan sinkronisasi anggaran dengan pemerintah pusat. Bahwa jalan poros daerah Unit Penempatan Transmigrasi (UPT) Labunia ini akan diaspal 2019 mendatang melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi sebesar Rp10 miliar.

“Insya Allah, itu bisa kita realisasikan, sehingga masyarakat trans Wandiri merasakan jembatan dan jalan raya yang layak untuk meningkatkan taraf hidupnya,” kata Fajaruddin, saat dikonfirmasi via WhatsAppnya, 26 September 2018.

Baca Juga:  Pelantikan Anggota BPD di Muna Menyisahkan Kekecewaan Bagi Muslim

Pria yang karib disapa Fajar itu mengakui, bahwa masyarakat Wandiri sudah lama menderita akibat kondisi jalan yang rusak parah.

Menurutnya, daerah binaan Kemnakertrans ini hanya diperhatikan selama lima tahun. Yakni terhitung mulai penempatan UPT Labunia 2004 sampai 2009. Lalu diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Muna pada 2010.

“Kalau masih tanggung jawab pihak transmigrasi, pasti sejak rusak jalan dan jembatan sudah diperbaiki, sebab masih dalam tahap pembinaan. Namun sejak delapan tahun lalu diserahkn ke Pemda Muna, maka bukan tanggung jawab transmigrasi lagi,” bebernya.

Baca Juga:  Forum Pemuda Muna Peduli Lombok Gelar Aksi Galang Donasi

Mantan Camat Watoputeh ini mengatakan, Kabupaten Muna sangat beruntung, karena telah mendapatkan penetapan kawasan transmigrasi dari Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi dengan nama Kawasan Transmigrasi Mutiara yang meliputi semua Kecamatan di wilayah Muna bagian timur.

“Termaksud salah satu didalamnya adalah Desa Wandiri,” tutur Fajar.

Fajar menambahkan, anggaran DAK afirmasi diperuntukan bagi daerah tertinggal, daerah perbatasan, kepulauan serta kawasan transmigrasi. Dan Wandiri masuk dalam kategori tersebut.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED