oleh

Kebutuhan Air Bersih Warga Desa Lambelu Kini Terpenuhi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Warga Desa Lambelu, Kecamatan Pasikolaga, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara kini bisa bernafas legah. Pasalnya, masyarakat sudah dapat menikmati fasilitas air bersih melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang baru saja rampung dibangun oleh Pemkab Muna.

Sebelumnya, kebutuhan air bersih masyarakat diperoleh dari mata air Kowa kowa yang jaraknya sekitar dua kilo meter lebih dari desa ini.

Kepala Desa Lambelu, La Ode Hananu mengatakan warga Lambelu sangat terbantu dengan fasilitas SPAM ini. Pemerintah Desa kata dia, akan membantu pengoperasian dengan pengadaan bahan bakar solar untuk menghidupkan mesin penghisap.

Baca Juga:  Pemecatan Sepihak yang Dilakukan Plt Kades Lambelu Dinilai Arogan

Selain itu harus ada petugas yang mengoperasikan mesin ini dan tentunya membutuhkan honor bulanan.

“Kita menunggu dulu penyerahan langsung dari Dinas PU Kabupaten Muna untuk pengolahan SPAM ini, lalu kami gelar rapat untuk menemukan solusi mengenai biaya solar dan honor operatornya,” ucap Hananu, Kamis 22 Maret 2018.

Pembangunan SPAM ini menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten sebesar Rp 550 juta pada Tahuan Anggaran 2017.

Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) Dinas PU Kabupaten Muna, Toni Sina mengatakan pengerjaan SPAM di Desa Lambelu sudah rampung. Pihaknya lanjut Toni, sudah melakukan uji coba. Hasilnya, SPAM ini berfungsi baik, air dapat mengalir ke bak penampung dan sudah bisa mengalir ke rumah penduduk.

Baca Juga:  Pemecatan Sepihak yang Dilakukan Plt Kades Lambelu Dinilai Arogan

“Saat ini masih dalam tahapan pemeliharaan,”ucapnya.

Sebelumnya, ada informasi menyangkut bocornya sejumlah pipa. Namun hal ini sudah teratasi. Katanya, pipa bocor itu bukan termasuk hasil pekerjaan SPAM PU Muna. Tetapi itu pekerjaan lama (pipa bantuan Bank Dunia 2005).

“Kita sudah lakukan peninjauan lokasi dan melakukan perbaikan pada pipa yang bocor. Kami tinggal menunggu dari pihak Inspektorat untuk dilakukan pemeriksaan. Semua sudah siap untuk dfungsikan,” tukasnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: La Ode Kasmilahi

Komentar

NEWS FEED