oleh

Ketua APDESI Buton Ajak 83 Kades Programkan Pencegahan Stunting

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON – Ketua Persatuan Aparat Desa Indonesia (P-APDESI) Kabupaten Buton, Suharman mengajak 83 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Buton untuk melakukan kegiatan pencegahan stunting dengan mengalokasikan dana desa (DD) masing-masing.

Hal itu diungkapkan Suharman saat melakukan launching perdana memberikan makanan tambahan kepada anak-anak dan ibu hamil sebanyak 70 orang di Desa Barangka, Kecamatan Kapontori, Senin 5 Agustus 2019.

Kepala Desa Barangka ini mengatakan, stunting ini adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Baca Juga:  44,5 Persen Masyarakat Butur Kekurangan Gizi?

“Sehingga dengan asupan gizi yang cukup maka dipastikan pertumbuhan anak dan tingkat kecerdasan anak akan lebih baik,” kata Suharman.

Program ini, lanjut Suharman, dilaksanakan setiap minggu oleh Pemdes Barangka, dibantu oleh staf gizi dari Puskesmas Barangka dan ibu-ibu Kader Posyandu.

Baca Juga:  FAO Minta Masyarakat Perbaiki Pola Makan

“Kedepan kami akan membentuk kader pendamping khusus menangani persoalan stunting ini. Lewat DD Pemerintah Desa Barangka akan terus mengalokasikan kegiatan ini sampai tidak ada lagi anak atau ibu hamil mengalami kekurangan gizi,” ujarnya.

Suharman juga mengajak semua anggota P-APDESI Buton agar bersama-sama melaksanakan program pencegahan stuntung.

“Karena hanya dengan tubuh yang sehat akan lahir jiwa yang sehat dan masa depan untuk generasi di desa,” jelasnya.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Bas

NEWS FEED