KM Uki Raya 23 Rute Raha-Kendari Tabrak Tongkang Siluman di Perairan Cempedak

Pena Daerah93 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Sebuah kapal penumpang KM UKI RAYA 23 rute Raha – Kendari menabrak kapal tongkang bermuatan ore nikel, pada Selasa 27 Desember 2022 malam.

Insiden itu terjadi saat kapal UKI RAYA 23 rute sedang melintas di perairan pulau Cempedak, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) sekitar pukul 01.40 Wita.

Akibat tabrakan tersebut sebanyak 272 penumpang KM UKI RAYA panik. Hal itu terlihat dalam sebuah video berdurasi 44 detik yang direkam oleh salah seorang penumpang kapal, sejumlah penumpang panik dan bergegas memakai jaket pelampung.

Kapten Kapal UKI RAYA 23, Munir Salam saat ditemui awak media menuturkan, saat tabrakan itu terjadi dia menyuruh semua nahkoda untuk mempersiapkan jaket pengaman untuk para penumpang.

“Sempat terjadi kepanikan namun tidak berselang lama,” tutur Salam saat ditemui di Kantor KSOP Kendari.

Sementara itu, Kasi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli KSOP Kendari, Heri Wiyanto mengatakan kapal tongkang sampai saat ini belum diketahui identitasnya.

“Tongkangnya masih dalam pencarian dan kami sudah konfirmasi ke setiap UPT terdekat yang ada di Sultra,” ujar Heri.

Lebih jauh, Heri menjelaskan, penyebab tabrakan disebabkan karena lampu tongkang tidak menyala atau emergency warning barricade light tidak dinyalakan.

“Lampu penanda pada malam hari kapal tongkang tersebut tidak dinyalakan,” jelasnya.

Atas tubrukan tersebut lambung kiri bagian atas dan bawah kapal penumpang KM UKI RAYA ringsek.

Editor: Husain