oleh

Konawe Utara Bakal Gelar Pilkades Serentak Tahun 2022

-Pena Daerah-484 views

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Konawe Utara (Konut) akan digelar secara serentak pada tahun 2022 mendatang.

Hal itu diungkapkan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konut, Safrudin, Senin, 23 Agustus 2021.

“Pelaksanaan Pilkades akan digelar dari pencermatan ketersediaan anggaran hari ini, diperkirakan sangat besar untuk melaksanakan Pilkades bisa mencapai 2 miliar”, kata Safrudin.

Adanya alokasi anggaran yang besar itu, kemungkinan pihaknya akan melakukan perubahan bentuk pemilihan.

“Yang tadinya pemilihan secara manual mungkin dilakukan elektrik melalui penyediaan alat dan design penyusunan fit and propertest”, ujarnya.

Ia mengungkapkan pelaksanaan Pilkades yang akan digelar tahun 2022 ini merupakan hal yang wajib karena sudah akan melampaui yang diatur dalam ketentuan sudah lebih dari dua kali perpanjangan masa tugas PJ Desa.

“Dari aspek tahapan yang harus dilaksanakan kita hadapi terkait pelaksanaan pemilihan umum serentak sehingga itu perlu, dan karena ada yang berakhir masa jabatannya tahun 2023 akan dilaksanakan lagi pemilihan akan ditarik pelaksanaannya nanti setelah 2022 dalam ketentuan itu sepanjang sudah tidak mencukupi satu tahun masa baktinya kita tarik mundur tapi proses akhir masa jabatannya itu akan diakhiri setelah berakhir sesuai SK nya,” paparnya.

Ia menambahkan dari status PJ desa yang akan melaksanakan pemilihan secara serentak itu berjumlah 39 Desa yang tersebar diberbagai Kecamatan yang ada di Konut.

“Plening anggaran pemilihan Desa itu sudah masuk di sistem SIPD untuk tahun 2022.

Proses rencananya mulai pembentukan panitia dan pembekalan panitia sampai kepada masa sosialisasi berdasarkan estimasi itu kita akan laksanakan paling cepat itu bulan Mei dan paling lambat terlambat bulan September sampai Oktober”, tutup mantan Camat Molawe ini.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

NEWS FEED