oleh

La Haruna: Gelar TTG di HPS Harus Dimanfaatkan oleh Petani Lokal

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang digelar tanggal 2 hingga 5 November 2019 di Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah event strategis dan dinantikan semua pihak.

Kegiatan ini akan menjadi momentum terbaik bagi segenap masyarakat Sultra termasuk elemen pemerintah dalam mempromosikan potensi daerah yang ada. Karena tidak hanya diperingati oleh Indonesia, namun juga seluruh anggota PBB ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kepal Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra La Haruna mengatakan bahwa dalam kegiatan HPS ini akan digelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang bisa menjadi referensi bagi para petani lokal dalam mengembangkan teknologi tepat guna untuk menunjang produktifitas pertanian di Sultra.

Event yang mengusung tema “Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045” ini juga terdapat rangkaian kegiatan berupa seminar, temu bisnis, pameran dan aneka lomba yang berguna bagi petani dan masyarakat umum.

Baca Juga:  Sembilan Desa Terendam Banjir, 797 Warga Mengungsi

Ditambah lagi kegiatan festival pangan lokal yang menampilkan produk komersial yang berbahan baku pangan lokal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

“Beberapa event tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam membuat olahan pangan lokal yang menarik, bercita rasa tinggi, bernilai gizi, dan ekonomis,” ucap Haruna saat ditemui di ruang kerjanya Kamis, 31 Oktober 2019.

Ilustrasi Teknologi Tepat Guna Pertanian. Sumber: appell.co

Menurutnya, melalui HPS ini diharapkan juga dapat mendorong dan menjaring investasi pertanian di dalam dan luar negeri. Mengingat, adanya sejumlah potensi perkebunan yang memberikan sumbangsih terbesar bagi perekonomian di Sultra yaitu kakao, kelapa sawit, jambu mente, cengkeh dan pala.

Baca Juga:  Warga Temukan Mayat Pria di Area Wisata Mangrove Kendari

Kegiatan ini akan dipusatkan pada dua tempat yakni di Kecamatan Angata Konsel dan MTQ Kota Kendari.

“Kesiapan pelaksanaan hari puncak Kegiatan HPS ini sudah rampung semua, baik dari kesiapan lokasi maupun kesiapan pelaksanaan,” ucap Haruna.

Tentunya, ini menjadi kebanggaan dan penghargaan bagi masyarakat Sultra menjadi tuan rumah pelaksanaan HPS ke – 39 yang secara internasional mengusung tema “Our Actions are Our Future, Healthy Diets for #Zero Hunger World”.(b)

Penulis: La Ode Husaini
Editor: Kas

NEWS FEED