oleh

Lestarikan Kebudayaan Daerah, 21 Sekolah di Kendari Gelar GSMS

PENASULTRA.COM, KENDARI – Guna melestarikan kebudayaan daerah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari bakal menggelar program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS), sasarannya adalah siswa-siswi di 21 sekolah di Kendari.

Mawarni, selaku Pemegang kas GSMS Dikmudora Kendari, mengatakan bahwa, pada GSMS nanti, bakal dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan kesenian.

“Jadi, nanti item Kesenian yang dikembangkan dalam GSMS ini meliputi, tari, lagu daerah, paduan suara, puisi, musik bambu, seni media baru,” ungkap Mawarni saat ditemui awak media beberapa pekan lalu

Ia menjelaskan, seni media baru tersebut adalah fotografi dan video. Alasan fotografi dan video, melihat banyaknya anak-anak sekolah yang sudah menggeluti dunia itu.

“Anak-anak sekarang milenial, hobinya pun sudah kekinian. Nanti ada juga lomba fotografi dan video namun bertemakan kebudayaan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan ini akan diselenggarakan selama di bulan November 2019. Selain itu, untuk pelatih dalam program GSMS tersebut direkruit secara online oleh pusat. Mereka yang dinyatakan lolos seleksi akan dibagi oleh pusat ke sekolah-sekolah sasaran program.

“Rekruitmen seniman yang akan melatih di sekolah sasaran dilakukan setiap tahun. Selain itu, sekolah sasaran juga memilih kesenian yang dikembangkan di sekokah juga secara online,” pungkasnya. (b)

Penulis : Burhanuddin
Editor: Bas

NEWS FEED