oleh

LM Rajiun Tumada ‘Menguasai’ Isi RPJMD Muna?

PENASULTRA.COM, MUNA – Bakal calon (Balon) Bupati Muna LM Rajiun Tumada mengungkapkan telah memahami postur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemda Muna. Bahkan ia mengaku telah ‘menguasai’ isi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dimiliki Pemda Muna dibawah pimpinan Bupati Muna LM Rusman Emba.

Selain itu lanjut orang nomor satu di Mubar itu menuturkan, kunjungan silaturahmi dan halal bi halal yang digelar timnya pada 129 titik di wilayah Muna mempunyai nilai postif. Sebab kata dia, dalam kunjungannya itu, ia dapat memahami apa yang menjadi harapan masyarakat Muna.

“Saya sudah pelajari postur APBD, RPJMDnya juga sudah kuasai. Saya kuasai RPJMD ini gara-gara Mai Te Wuna,” kata Rajiun Tumada pada awak media diacara pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum di pelataran Kejari Muna, Kamis 21 November 2019.

Baca Juga:  Muna Pusatkan Perhelatan Gala Desa di Kecamatan Lohia

Bupati Mubar itu menyebut dari 129 titik yang telah dikunjungi timnya, ada beberapa aspirasi masyarakat Muna yang telah diserap. Diantaranya persoalan jalan, kebutuhan air bersih, pasar, modal usaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi.

“Kemudian meringankan beban masyarakat banyak hal yang kita dilakukan, mungkin pemberian buku nikah gratis, seragam sekolah gratis dan banyak hal,” ungkap Rajiun.

Rencana pemberian Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) kepada para PNS juga menjadi program Rajiun jika dipercaya pemimpin Bumi Sowite.

Baca Juga:  KKN-PPM UGM Gelar Workshop Pariwisata Berkelanjutan di Muna

“Iya pasti kita akan lakukan juga di Muna. Muna Barat saja yang sedikit uangnya bisa kita berikan seperti itu, masa Muna induk yang banyak uangnya tidak bisa dengan posisi yang sama. Saya tidak bisa katakan ada anggaran yang salah, tetapi saya sudah paham apa sih yang bisa saya lakukan?,” imbuhnya.

“Benar menurut mereka, tetapi menurut saya hari ini itu paling gampang dan semua yang saya lakukan di Muna Barat bisa dilakukan di sini (Muna),” pungkas Rajiun. (b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Bas

NEWS FEED