oleh

Lulo, Kearifan Budaya Lokal Suku Tolaki Jadi Brand Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Mungkin masih banyak yang penasaran tentang apa sebenarnya brand Kota Kendari. Ternyata brand Kota Kendari adalah Lulo. Sehingga Kendari didentik dengan Kota Lulo.

Sebenarnya julukan kota lulo adalah sebuah pengakuan tentang keindahan dan kearifan budaya lokal. Lulo sendiri berasal dari Bahasa Tolaki yakni “Molulo” yang disingkat lulo.

Lulo adalah sebuah tarian tradisional Suku Tolaki yang mendiami Kota Kendari dan menjadikannya kebudayaan paling khas dan dibanggakan

Di Kota Kendari sendiri, tarian Lulo dipertunjukan hanya ketika ada acara penting, misal pesta pernikahan, syukuran, dan acara penting lainnya.

Gerakan tarian lulo paling khas dan penuh makna adalah antara satu dengan yang lainnya saling bergandengan tangan membentuk lingkaran sambil menikmati alunan atau irama musik.

Menariknya, meski tarian lulo adalah budaya suku tolaki, tarian itu juga selalu dilakukan oleh suku lain yang mendiami Kota Kendari.

Alasannya sederhana, selain asik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, lulo memiliki makna mempererat silaturahmi, menjaga persatuan dan kesatuan. (b)

Penulis: Bas

NEWS FEED