oleh

Masyarakat Kolaka Dilatih Kembangkan Sosis Ikan

Benner Kepala

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP) melalui UPT Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Ambon bekerjasama dengan Komisi
IV DPR RI latih ratusan warga Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) membuat sosis berbahan dasar ikan lokal.

Pelatihan itu dilaksanakan disalah satu hotel di Kolaka, Senin 11 Februari 2019.

Anggota Komisi IV DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sultra, Umar Arsal mengatakan, pelatihan itu bertujuan untuk mengembangkan keterampilan masyarakat nelayan Kolaka dalam memanfaatkan potensi lokal. Apalagi Kolaka merupakan salah daerah di Sultra yang memiliki potensi melimpah di bidang perikanan.

“Kegiatan ini dimotori oleh teman-teman dari Rumah Aspirasi yang meminta kepada Kementerian KP untuk melakukan pelatihan teknis bagaimana mengembangkan keterampilan dan mengelolah sosis ikan secara makanan higienis dan sehat,” ujar Umar.

Di tempat yang sama, Instruktur dari PB3 Ambon Rachel Watimena, berharap kepada para peserta dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh dari pelatihan melalui usaha mandiri.

“Ini peluang usaha, apalagi sangat digemari anak-anak. Dan sosis ini bisa bertahan tiga sampai enam bulan dalam keadaan beku. Jadi kita harapkan bisa dikembangkan sebagai usaha mandiri khususnya para ibu-ibu untuk meningkatkan nilai tambah,” katanya.

Sementara itu, Hasniwati salah seorang peserta dari Kecamatan Tanggetada merasa bersyukur dengan adanya pelatihan itu. Menurutnya, dengan pelatihan tersebut ia menjadi tahu cara membuat produk sosis ikan.

“Saya dan ibu-ibu di kelompokku rencana mau kembangkan ini, hanya kami berharap sekiranya pemerintah bisa memfasilitasi untuk modalnya kasian,” tandas Hasniwati.(b)

Penulis: Bas
Editor: Ridho Achmed

Benner Kepala

NEWS FEED