oleh

Monev di Puskesmas, Kadinkes Konut Paparkan Anggaran Kesehatan Secara Transparan

-Pena Daerah-246 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di sejumlah Puskesmas di Konut, salah satunya Puskesmas Laronanga Pantai Kecamatan Andowia, Rabu, 1 Desember 2021.

Kadinkes Konut Nurjannah Effendi mengatakan Monev ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan fasilitas kesehatan yang ada di tiap-tiap Puskesmas, melihat, mengevaluasi dan menjabarkan RKA 2022.

“Kami juga melakukan pemaparan keuangan

anggaran kesehatan sistem SIPD yang transparan,” kata Nurjannah.

Nurjannah juga menyampaikan kepada seluruh staf di Puskesmas, saat ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada ASN lingkup Pemda Konut dengan membuktikan kenaikan TPP di tahun 2022 yang tidak sama dengan daerah lain.

Ia juga mengimbau kehadiran staff untuk tetap di koordinir sesuai dengan aturan, “Kalau bukan kita yang membangun siapa yang mau bangun daerah ini lagi. Jadi diharapkan lagi kepada petugas untuk selalu menerapkan prokes dalam situasi pandemi Covid 19,” sambungnya.

Lebih lanjut Nurjannah memaparkan item kegiatan mulai biaya operasional kegiatan (BOK), pembayaran listrik, ATK, insentif pegawai masing-masing bidang akan di presentasikan secara terbuka.

“Penanggung jawab program nanti akan melakukan evaluasi masing-masing mempresentasikan rincian pengelolaan keuangan dan pengeluaran baik anggaran dana non fisik BOK dan DAU,” imbuhnya.

Sebagai Dinkes tugasnya kita memberikan pemahaman kepada masyarakat kita, bagaimana kita menangani pasien harus sesuai SOP, dengan membimbing banyak berkomunikasi melakukan pendampingan. Kita melakukan pembangunan institusi dengan proaktif melakukan pelayanan kesehatan.

Tak lupa ia juga menekankan kepada Puskesmas percepatan untuk melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing.

“Kami akan melakukan upaya pemberdayaan petugas kesehatan secara administratif tunaikan kewajiban tunjukkan loyalitas sebagai petugas kesehatan, “tegasnya.

Seraya Kapus Laronanga Pantai Lius mengapresiasi kehadiran Dinkes Konut di wilayah kerjanya.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi kekurangan baik dari segi fasilitas maupun pelayanan sesegera mungkin akan lebih ditingkatkan,” kata Lius.

Lanjut Lius, yang menjadi kendala saat ini adalah anggaran BPJS dan pembelajaan barang. Ia meminta solusi bagaimana bisa ditambahkan anggaran yang ada kedepan di tahun 2022.

“Terima kasih kepada seluruh staf atas partisipasi nya dalam menjaga lingkungan kesehatan di wilayah Puskesmas Laronanga Pantai,” tutupnya.

Penulis: Tim Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait