oleh

Peduli Kemanusiaan, KBM STIP Wuna Galang Donasi Bantu Korban Gempa di Sulbar

-Pena Daerah-275 views

PENASULTRA.COM, MUNA – Keluarga besar mahasiwa (KBM) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Wuna yang terdiri dari jurusan Budidaya perairan, Agribisnis, Kehutanan, dan Agro teknologi turun ke jalan menggalang donasi untuk membantu masyarakat korban bencana gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Berita duka yang datang dari Kabupaten Mamuju dan Majene di Sulbar tentu menyisakan keprihatinan yang mendalam, terlebih peristiwa ini terjadi saat ancaman pandemi covid-19 tak kunjung reda.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Budi Daya Perairan (HMPS BDP) STIP Wuna, Wa Ode Natasya mengatakan upaya penggalangan dana ini sebagai bentuk respons kepedulian terhadap bencana nasional tersebut.

“Turut berduka cita atas musiba yang menimpa saudara-saudara kita yang ada di Sulawesi Barat. Saya bersama rekan-rekan jajaran Pengurus HMPS turun ke jalan sebagai bentuk panggilan jiwa kemanusiaan terhadap sesama”, ungkap Wa Ode Natasya, Minggu 17 Januari 2021.

“Barangkali hanya ini yang kami bisa lakukan sebagai bentuk bakti pengabdian kami kepada masyarakat dan insyaallah kami maksimal turun ke jalan sampai hari Selasa”, sambungnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh civitas akademika kampus STIP Wuna dan masyarakat Kabupaten Muna agar bersama-sama mengambil peran dan menginfakan sebagian rezeki untuk berbagi kepada masyarakat yang sedang dilanda gempa di Sulbar.

Diketahui, gempa magnitudo 6,2 sebelumnya mengguncang Kabupaten Majene, Sulbar terdampak di Mamuju yang cukup parah pada Jumat dini hari, sekitar pukul 01.28 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada di 6 kilometer timur laut Majene dengan kedalaman 10 kilometer.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dampak gempa magnitudo 6,2 di Majene dan Mamuju, jumlah korban meninggal sementara tercatat 46 orang. Jumlah itu merujuk laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Barat per Sabtu, 16 Januari 2021. Rincian 46 korban tersebut terdiri dari 37 orang meninggal di Mamuju dan 9 di Majene.(b)

Penulis: La Ode Husaini

NEWS FEED