oleh

Pembangunan RS Jantung Berstandar Internasional di Sultra Dimulai

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pembangunan gedung Rumah Sakit (RS) Jantung Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Jalan Sam Ratulangi, Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga Kota Kendari resmi dimulai, Kamis 29 Agustus 2019.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan utama di dunia. Berdasarkan data World Health Organization (WHO) 2015, kasus kematian penyakit jantung dan pembuluh darah di dunia sebanyak 17,5 juta orang.

Di Indonesia sendiri beberapa provinsi memiliki tingkat presentasi yang tinggi mengenai penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga:  Masyarakat Sultra Sambut Gubernur Baru

Berdasarkan hasil prevalensi hipertens melalui metode wawancara, tambah Ali Mazi, Sultra merupakan provinsi yang memiliki nilai mendekati rata-rata Indonesia yakni hampir mendekati 8,5.

“Parameter ini untuk mengukur rasio primer penyakit jantung. Inilah alasan kami membangun RS Jantung di Sultra,” kata Ali Mazi.

Menurutnya, kehadiran RS ini selain dipandang sebagai solusi tepat penangan jantung dan pembuluh darah, juga memiliki manfaat memberikan pelayanan yang profesional, ramah, lingkungan, nyaman dan moderen.

Baca Juga:  Ali Mazi: PNS Tidak Disiplin Akan Menghambat Pembangunan

“Apalagi ditunjang dengan peralatan medis yang modern dan berbasis teknologi,” ujarnya.

RS jantung berstandar internasional ini, sambung Ali Mazi akan dibangun 17 lantai dengan luas kurang lebih 5 hektar. Sementara untuk pendanaan bersumber dari APBD Provinsi Sultra.

“Tahun ini telah dialokasikan dana sebesar Rp95 miliar lebih. Untuk tahap pertama dengan target empat lantai,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Bas

NEWS FEED