Pemda Konut dan PT Antam Jalin Kerja Sama Tekan Angka Stunting

Pena Daerah28 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Konawe Utara, (Konut), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut bersama PT Aneka Tambang (Antam) Tbk launching kerja sama Pemda Konut dengan PT Antam Tbk terkait penanganan stunting dan pemberian asupan gizi di wilayah ring 1 UBP Nikel Konut, Minggu, 21 Oktober 2022.

Bertempat di Aula kantor Camat Molawe, terlihat22 2 dalam acara Bupati Konut Ruksamin, Wakil General Manager PT Antam Tbk, Kapolres, Perwira Penghubung (Pabung), DPRD Konut, yang diwakili oleh Ketua Komisi C 2q, Para Kepala OPD terkait, serta Camat yang wilayahnya masuk dalam Ring 1 UBP Nikel Konut yaitu Camat Molawe dan Camat Lasolo Kepulauan.

Berdasarkan dari laporan ketua panitia penyelenggara, acara launching hari ini bertujuan sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah gizi, berdasarkan peraturan Bupati Konawe Utara No 17 Tahun 2020 tentang upaya penanggulangan / pencegahan stunting di Kabupaten Konawe Utara.

Program yang diadakan oleh PT Antam Tbk bekerjasama dengan Pemda Konawe Utara melalui Dinas Kesehatan adalah penanganan balita stunting dengan pemberian asupan gizi yang cukup dan tepat sasaran pada balita stunting dan ibu hamil, serta pembinaan kelarga di Desa / Kelurahan sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan pembangunan kualitas SDM.

Kegiatan penanganan stunting dan ibu hamil ini akan dilaksanakan di 8 titik yaitu Kel. Molawe, Desa Mowundo, Desa Mandiodo, Desa Mataiwoi, Desa Bandaeha, Desa Awila, Desa Tapunggaya dan Desa Tapunopaka, dengan jumlah total kasus 38 kasus yang terdiri dari 34 kasus balita dan 4 kasus ibu hamil dalam 3 bulan terakhir.

Seperti diungkapkan oleh pihak PT Antam Tbk mewakili GM secara regulasi, penanganan stunting telah diatur di dalam Perpres No. 72 Tahun 2021 dan telah dituangkan dalam Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting ( RAN PASTI). Ketentuan ini yang menjadi landasan pihak PT Antam Tbk untuk mengambil peran dan bersama-sama Pemerintah Daerah ikut serta dalam menjalankan RAN PASTI ini.

”Salah satu sinergi program yang menjadi bagian dari pilar program CSR Antam adalah disektor kesehatan, dimana pada momen yang baik ini, Antam bersinergi dengan Pemda Konut melakukan kegiatan penanganan stunting dan pemberian asupan gizi bagi ibu hami’ “Kata Perwakilan GM.

Bupati Konut H Ruksamin dalam acara hari ini mengungkapkan ada beberapa langkah strategis dalam perbaikan gizi masyarakat yang pertama perbaikan pola kosumsi makanan yang sesuai dengan gizi seimbang, perbaikain sadar gizi, aktivitas fisik dan kesehatan, peningkatan akses dan mutu pelayan gizi yang sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi, serta peningkatan sistem kewaspadaan pangan dan gizi. Hal ini sejalan dengan UU No. 18 tahun 2012 tentang pangan.

H Ruksamin selaku pimpinan tertinggi di Kabupaten Konawe Utara kembali menyampaikan kepada masyarakat yang hadir untuk melaksanakan program pemerintah Kabupaten Konut yaitu P2KP (Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan) untuk menjamin kualitas gizi sayuran yang dikonsumsi oleh masyarakat.

”Program P2KP ini bukan hanya memastikan makanan yang kita konsumsi bebas dari pestisida, tetapi juga dapat menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat yang juga berdampak untuk menstabilkan angka inflasi daerah, seperti yang menjadi fokus pemerintah pusat yaitu Inflasi, penurunan angka kemiskinan dan penurunan angka stunting yang semua itu dapat kita atasi dengan Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan (P2KP) ini,” jelas Ruksamin.

H Ruksamin juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Daerah akan selalu hadir untuk masyarakat memperoleh asupan gizi yang baik.

”Hari ini hari minggu, yang seharusnya kita semua istirahat. Tapi ini adalah bukti bahwa pemerintah peduli kepada masyarakat dengan melaksanakan kegiatan untuk memastikan masyarakat memperoleh asupan gizi yang baik. Kami pemerintah akan memperhatikan masyarakat mulai sejak dalam kandungan sampai meninggal akan mendapatkan pelayanan yang primaungkap Bupati 2 periode tersebut.

Mengakhiri sambutannya, H. Ruksamin mengucapkan teima kasih kepada PT. Antam Tbk. yang sudah peduli dalam percepatan penurunan angka stunting dan pemberian asupan gizi. H. Ruksamin selaku Bupati berharap keguatan yang terlaksana hari ini dapat menjadi pemicu terciptanya Sumber Daya Manusia yang sehat dan kompeten untuk mendukung mewujudkan Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing.

Penulis: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *