oleh

Pemkab Konut Gelar Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun Anggaran 2021

-Pena Daerah-427 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melaksanakan penandatanganan perjanjian kinerja Sekretariat Daerah tahun anggaran 2021.

Kegiatan yang dipimpin langsung Bupati Konut dan diikuti oleh seluruh pimpinan OPD Sekretariat Daerah serta pejabat eselon III dan IV tersebut berlangsung di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut pada Senin, 1 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Bupati Konut, Ruksamin mengatakan Kegiatan tersebut merupakan tahap awal daripada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Dimana, sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

“Alhamdulillah penandatanganan sudah kita laksanakan, ini baru tahap awal proses daripada penyusunan awal SAKIP kita. Saya inginkan semangat kita sama-sama semua bisa kita satu komando dan kita berdoa semoga untuk outputnya bisa kita mendapatkan predikat BB dari Kemenpan RB, “kata Ruksamin.

Selanjutnya tujuan atau outcamnya nanti apa yang akan  laksanakan bisa dirasakan  manfaatnya oleh seluruh masyarakat Konut sehingga dapat menuju Konasara.

“Tadi penandatanganan sudah kita laksanakan, nanti kita akan berkoordinasi oleh Bappeda, melaksanakan pelatihan. Sebelum itu dilaksanakan  sedapat mungkin kita mulai menyusun persiapan sehingga didalam penyusunan nanti pasti akan didapatkan hal-hal diluar kemampuan kita. Saat itulah yang namanya kasuistik kita akan temukan pada pelaksanaannya pasti akan kita sampaikan, “paparnya.

Harapan kita semua bisa hadir dalam kegiatan pelaksanaan yang akan dilaksanakan di Aula Konasara.

“Ini memberikan komitmen kita semua, bahwa Bupati telah menyerahkan masing-masing kepada Kepala OPD untuk dilaksanakan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan, ini semua namanya menjadi pelimpahan kewenangan menjadi tanggung jawab outcam untuk dilaksanakan, yang saya inginkan semua kepala Dinas tetap berkoordinasi dengan kepala bidangnya dengan kepala seksinya, “jelasnya.

“Inilah tujuannya kenapa sampai sekarang kita harus atur terus namanya disipllin. Jadi kalau ini sudah sinergi antara kita punya penyusunan program kemudian pada saat pelaksanaan dipengawasannya sudah ok, pasti dia akan include, “tambahnya.

Olehnya itu, untuk memaknai ini semua pemerintah daerah (Pemda) Konut menghargai khusunya kabupaten Konawe Utara berkomitmen memberikan TPP kepada seluruh ASN Konut.

“Kalau ini bisa terlaksana dengan baik, kita akan terhindar dari KKN. Apalagi sekarang dengan adanya sistem pelaporan keuangan SIPD, tidak ada yang bisa disembunyikan karena semua ada diaplikasi, artinya pelaksanaan anggaran kita sudah transparan, tinggal bagaimana nanti pelaksanaannya, dengan sistem inilah yang memberikan pelaksanaan bisa menjadi akuntabilitas dan dapat dipertanggungjawabkan, “tegas Ruksamin.

Ia juga berharap kepada seluruh pejabat lingkup Pemda Konut agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan anggaran. Karena hal itu bagian dari penyerahan tanggung jawab.

Penulis: Zakki

Komentar

NEWS FEED