oleh

Pemprov Diminta Masukan Festival Budaya Tua Buton dalam Event Nasional

PENASULTRA.COM, KENDARI – Forum Koalisi Buton Bersatu (FKBB) menggelar Aksi demonstrasi didepan kantor Dinas Pariwisata (Dispar) dan Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis 10 Oktober 2019.

Dalam aksi tersebut, FKBB meminta Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispar Sultra, I Gede Panca untuk serius mengusulkan kegiatan Festival Budaya Tua (FBT) Buton masuk dalam Kalender Event Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Ketua FKBB, Ata mengatakan FBT Buton adalah event yang tertua dibanding event lain di Sultra dan memiliki kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari 14 negara.

“Baik melalui kapal maupun studi di hutan Lambosango. Tapi harus ada konsisten dengan persyaratan yang telah ditetapkan, waktu tidak berubah, tempat tidak berubah, bukan seperti peringatan hari ulang tahun dan harus didukung penuh oleh daerah penyelenggara,” kata bung Ata sapaannya, Kamis 10 Oktober 2019.

Baca Juga:  Izin Berlabuh Kapal Wisata di Sultra Diharap Lebih Mudah

Menurutnya, presentase event mestinya diserahkan kepada daerah kabupaten kota sebagai penyelenggara. Sementara pemerintah provinsi (Pemprov) merupakan perwakilan pemerintah pusat hanya memfasilitasi.

“Kami menolak Dinas Pariwisata Sultra untuk menginisiasi penyelenggaraan event kebudayaan jazirah Sultra. Penyelenggaraan event yang bernuansa budaya harus diserahkan pada kabupaten kota masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Sultra, I Gede Panca mengaku siap melaksanakan tuntutan aksi demonstrasi dengan mengusulkan dan mengawal Festival Budaya Tua Buton masuk di Calender of Event (CoE) atau kalender event pariwisata Nasional dari Kemempar.

Baca Juga:  Ali Mazi Sebut Festival Budaya Tua Buton Gaungnya Telah Mendunia

“Festival Budaya Tua Buton pantas dan harus diusulkan dalam CoE 2020,” ungkapnya.

Tidak sampai disitu, setelah mendengarkan penyampaian dari I Gede Panca. Masa aksi melanjutkan aksinya di Kantor Gubernur Sultra.

Di kantor Gubernur Sultra, para demonstran diterima Staf Ahli Gubernur Sultra, M. Djudul didampingi Plt Kadis Pariwisata Sultra, I Gede Panca. M. Djudul menyebut, FBT Buton akan dikawal dan diperjuangkan dalam CoE 2020.

Dukungan FBT ditandai dengan tulisan diatas meterai bertanda tangan Fahrul Alwa mewakili Koordinator Aksi, Plt Kadis Pariwisata, I Gede Panca dan Staf Ahli Provinsi Sultra, M. Djudul.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Bas

NEWS FEED