oleh

Pemuda Milenial Minta Pemprov Sultra Tak Persoalkan SK Pj Bupati Mubar

-Pena Daerah-376 views

PENASULTRA.COM, MUBAR – Pemuda milenial Muna Barat (Mubar) Wawan Soneangkano, mengapresiasi langkah Kementerian dalam negeri (Kemendagri) yang mengambil keputusan terhadap penunjukan nama Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Muna Barat.

Namun, dalam beberapa media diberitakan bahwa bahwa Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, menolak untuk melantik 2 nama Pj Bupati yakni Buton Selatan (Busel) dan Mubar yang di SK kan oleh Mendagri. Hal itu dikabarkan karena 2 dari 3 nama tersebut tidak sesuai dengan usulan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Menanggapi hal itu, Wawan Soneangkano mengatakan bahwa Gubernur tidak punya hak untuk tidak melantik nama yang telah di SK kan Mendagri sebagai Pj Bupati pada dua daerah tersebut.

“Sebab, jika alasan untuk tidak melantik hanya persoalan karena nama yang di SK kan tidak berdasarkan usulan Gubernur, itu bukan soal tapi mencoba mencari-cari kesalahan dari suatu kebenaran karena keinginan yang tidak terakomodir”, kata Wawan Wawan kepada media ini, Senin, 23 Mei 2022.

Lebih lanjut Wawan mengatakan bahwa pada prinsipnya Mendagri punya hak progratif dalam memutuskan siapa yang akan menjadi Pj dan tidak mungkin Mendagri salah dalam memberi keputusan.

“Saya yakin bahwa Mendagri juga sebelum menurunkan SK itu, tentu sudah melakukan konsultasi pada orang yang kompeten terkait langkah yang diambilnya. Jadi sebaiknya, pelantikan segera dilakukan, dan Pemrov Sultra tidak lagi membuat-buat persoalan terkait SK Pj Bupati ini dengan mempersoalkan sesuatu yang itu tidak mesti dipersoalkan,” beber Wawan.

“Jadi, sebaiknya Bapak Gubernur Sultra segera lantik nama yang suda di SK kan Mendagri sebagai Pj Bupati Mubar dan Busel itu. Jangan lagi buat drama di akhir masa jabatan dengan mempersoalkan SK Pj Bupati dari Kemendagri itu”, sambungnya.

Pemuda asal Muna Barat ini menghimbau agar kita semua pihak khususnya masyarakat Muna Barat tetap mengawal Pj Bupati yang suda sah mendapat SK dari Mendagri tersebut.

Wawan juga mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada Dr. Bahri, S.STP.,M.Si yang diamanahkan melalui SK Mendagri untuk menjadi Pj Bupati di Kabupaten Muna Barat.

“Sebagai putra daerah, saya mewakili teman-teman pemuda milenial Muna Barat agar selama Pak Bahri menjadi melaksana dapat maksimal dalam memperbaiki sistem pemerintahan yang ada saat ini,” tutupnya.

Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait