oleh

Penghapusan Bagasi Gratis Lion Air Bakal Turunkan Minat Wisata

PENASULTRA.COM, KENDARI – Adanya kebijakan baru barupa pengahapusan bagasi cuma-cuma dari maskapai penerbangan Lion Air dinilai dapat menurunkan minat wisata masyarakat. Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulawesi Tenggara (Sultra). Rahman Rahim mengatakan, kebijakan ini sangat meresahkan dan membebani masyarakat karena secara logika setiap penumpang pasti punya bagasi.

“Masa iya semua penumpang bepergian tidak bawa bagasi atau barang. Tapi sekarang sudah bayar kalau ada bagasi. Jelas membebani,” kata Rahman, Jumat 4 Januari 2019.

Baca Juga:  Lion Air Kendari-Balikpapan Delay 12 Jam Lebih, Penumpang 'Terlantar'

Menurutnya, adanya pengahpusan atau kebijakan ini, penerbangan maspakai Lion dan Wings yang hampir 60 persen di sasar kalangan menengah ke bawah sudah pasti berdampak cash flow pada Lion Group akan menurun.

Biro perjalanan wisata, kata Rahman, diresahkan dengan mahalnya harga tiket, sehingga baik wisatawan mancanegara dan domestik enggan melakukan perjalanan atau kunjungan wisata.

Ditambah dengan dihapuskannya bagasi cuma-cuma membuat pihaknya semakin resah.

“Jadi derita ini jangan lagi di tambah ibarat jatuh tertimpah tangga lagi,” jelas Rahman.

Baca Juga:  ASN Kanwil Kemenkeu Selamat dari Tragedi Jatuhnya Lion Air JT 610

Saat ini tambahnya, tour operator banyak yang mengelolah paket outbound sebab penerbangan lebih murah ketimbang di dalam negeri.

“Nah jika begitu yang diuntungkan pasti penerbangan luar dan negara tujuan baik dari sisi devisa dan cash flow nya. Jika ramai-ramai orang outbound maka target Menteri Pariwisata dan Presiden RI sudah pasti gagal padahal elemen yang tidak bisa lepas dari unsur 3A, yang salah satunya aksebilitas penerbangan sebagai nadi dan penyangga pariwisata,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED