oleh

Pengurus BUMDes se- Kecamatan Duruka Ikut Pelatihan Peningkatan Kapasitas

-Pena Daerah-379 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka meningkatkan wawasan, kemampuan dan kapasitas pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Duruka Kabupaten Muna menggelar pelatihan kepada para pengurus BUMDes se- Kecamatan Duruka pada Jumat 30 Desember 2021.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Duruka itu berlangsung dari Rabu, 29 Desember sampai Jumat 31 Desember 2021 dan dihadiri oleh masing-masing pengurus BUMDes dari 5 Desa di Kecamatan Duruka  yaitu Desa Lasunapa, Desa Banggai, Desa Ghonsume, Desa Ghonebalano dan Desa Lagasa yang terdiri dari Direktur, Sekertaris, Bendahara berjumlah 15 orang.

Pendaping Desa Kecamatan Duruka, Aslir Jaya, mengungkapkan bahwa BUMDes harus dikelola secara sehat dan Cedas agar dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Pengelola BUMDes yang sehat dan cerdas dalam pengelolaan unit usahanya dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Kecamatan Duruka”, kata Aslir Jaya kepada awak media ini, Jumat, 31 Desember 2021.

Dengan adanya kegiatan ini, Aslir Jaya berharap para pengelola BUMDes dapat terus meningkatkan kemampuan dan usahanya, agar BUMDes menjadi penggerak dan pilar ekonomi pembangunan desa sebagai amanah Peraturan Pemerintah (PP)  nomor 11 tahun 2021.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa saat ini seluruh BUMDes di Kecamatan Duruka telah mendapatkan penyertaan modal dari dana desa untuk membentuk dan mengembangkan unit usaha sehingga dapat  mendorong meningkatnya Pendapatan Asli Desa (PADes) pada setiap desa di Kecamatan Duruka.

Untuk diketahuni, kegiata tersebut dibuka oleh Camat Duruka, Herman. Dalam sambutannya, Herman mengapresiasi serta bangga terhadap pengelola BUMDes sebagai agen penggerak ekonomi masyarakat Kecamatan Duruka.

Penulis: Zalino
Editor: Husain

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait