oleh

Perdana, BLK Kendari Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas

-Pena Kendari-159 views

PENASULTRA.COM, KENDARI – Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari untuk pertama kalinya membuka satu paket pelatihan peningkatan produktivitas dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang di Aula BLK Kendari, Senin, 18 Oktober 2021.

Pelatihan tersebut dibuka secara resmi Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tenggara (Nakertrans Sultra) La Ode Muhammad Ali Haswandy didampingi Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dan perwakilan Kepala Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari yakni Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha BPP Kendari La Ode Harwijaya Kaeba, S.Stp.

Kasubag Tata Usaha BPP Kendari La Ode Harwijaya Kaeba mengatakan, kegiatan peningkatan produktivitas merupakan kegiatan yang sangat baik untuk membantu para pelaku usaha atau karyawan dalam peningkatan hasil usaha yang digeluti.

“Dasar pelatihannya 5 S yaitu sisih, susun, sasap, sosoh, dan suluh atau lebih dikenal dengan 5R yang artinya ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin. Jika konsep dasar ini dapat diterapkan dengan benar, maka prouktivitas dari perusahaan tentu akan baik,” terangnya.

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu menjelaskan, pelatihan peningkatan produktivitas bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap peserta pelatihan terkait ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam meningkatkan hasil dari produk yang dibuat.

“Yang kita cari adalah modal tidak begitu besar dan waktu yang dibutuhkan tidak lama, namun hasilnya sesuai harapan. Memenuhi hal itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh peserta pelatihan ini,” jelasnya.

Orang nomor satu di BLK Kendari berharap, agar para peserta yang mengiktui pelatihan bersungguh-sungguh dan mau berubah menjadi lebih baik. Apalagi motto produktivitas itu sendiri ialah hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

“Kalau mereka bisa berhasil setelah mengikuti pelatihan, maka berimbas pada peningkatan penerimaan tenaga kerja baru yang artinya dapat mengurangi tingkat pengangguran. Jadi, manfaat dari pelatihan yang singkat ini bisa dirasakan orang banyak,” tandasnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) juga menambahkan, terkait proses platihan yang dilakukan BLK Kendari, setiap peserta pelatihan ditekankan untuk mematuhi protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

“Meski saat ini kita sudah masuk pada zero covid, namun kita tidak boleh lengah dan mengabaikan prokes. Jadi, mari terus saling melindungi dan saling membantu untuk menuju hari yang lebih baik,” tuturnya.

Kadis Nakertrans Sultra, La Ode Muhammad Ali Haswandy juga mengatakan, jika pelatihan yang dilakukan BLK Kendari sangat bagus dan strategis untuk dilaksanakan, pasalnya sejauh ini banyak dari perusahaan atau para pelaku usaha yang gulung tikar karena persoalan produktivitas yang diperparah dengan pandemi covid.

“Kami sangat berharap pelatihan ini bisa menjadikan para pelaku usaha menjadi lebih baik dan produktivitsnya meningkat,” tutupnya.

Editor: Husain

Komentar

NEWS FEED