oleh

Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG Aman Selama Ramadhan Hingga Lebaran

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) maupun LPG di pulau Sulawesi termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra) selama bulan Ramadhan 2018 dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

General Manager (GM) Marketing Operation Region VII, Tengku Fernanda mengatakan, untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM dan LPG, pihaknya telah menyiapkan satuan tugas (Satgas) yang bersiaga mulai 5 hingga 25 Juni 2018.

“Selama masa Satgas ini, Pertamina melakukan berbagai langkah guna mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM dan LPG di seluruh pulau Sulawesi,” kata Tengku melalui rilisnya, Rabu 16 Mei 2018.

Sementara itu, Region Manager Retail Fuel Marketing VII, I Ketut Permadi Aryakuumara mengatakan, untuk Sultra, selama masa satgas, konsumsi Pertamax diprediksikan naik 11,11 persen atau 20 KL/hari.

“Disusul dengan Pertalite yang naik 10,03 persen yakni 355 KL per hari dibanding konsumsi normal per produk. Sedangkan konsumsi Premium naik 9,17 persen yakni 488 KL/hari dibanding konsumsi normal 447 KL/hari,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pertamina Tambah Pasokan BBM dan LPG di Sultra

Menurutnya, peningkatan konsumsi tertinggi untuk ketiga BBM tersebut dipredisikan terjadi pada tanggal 14 Juni 2018 atau H-1 Idul Fitri.

“Hal ini menggambarkan konsumen Sultra lebih memilih Pertamax dan Pertalite sebagai bahan bakar kendaraan, karena jarak tempuh yang lebih jauh dibanding BBM lain,” ujar Ketut Permadi.

Untuk konsumsi harian LPG subsidi 3 Kg di Sultra, diprediksikan naik 11 persen menjadi 138 MT/hari dan konsumsi tertinggi diperkirakan terjadi H+2 pasca Idul Fitri yaitu naik 11 persen dibandingkan konsumsi harian normal 124 MT/hari.

“Untuk konsumsi LPG non subsidi rumah tangga diprediksi naik 17 persen yakni 12 MT/hari dan konsumsi tertinggi diperkirakan terjadi H+13 pasca Idul Fitri yaitu naik 132 perden dibandingkan konsumsi harian normal 10 MT/hari,” jelasnya.

Baca Juga:  Sambut Ramadhan, Plaza Inn Hadirkan Paket Spesial

Agar memastikan stok BBM dan LPG terpenuhi selama masa satgas, kata Ketut, Pertamina juga melakukan upaya lainnya yakni di sisi operasional BBM, optimalisasi mobil tangki dan awak mobil tangki serta menyiapkan mobil tangki dispensing system atau mobile dispenser.

“Kami juga terus menjalin komunikasi intensif dengan pihak Dishub, Disperindag, Kepolisian, dan ESDM, serta melakukan himbauan dan sosialisasi baik melalui media elektronik maupun media sosial,” jelas Tengku Fernanda.

“Pertamina berkomitmen untuk memastikan pasokan BBM dan LPG di masyarakat terpenuhi khususnya selama masa Ramadan dan Idul Fitri 2018. Masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk menyampaikan informasi apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi BBM dan LPG yang dapat disampaikan melalui Contact Pertamina 1-500-000 atau melalui SMS ke 0815-9-500000 dan email pcc@pertamina.com,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED