oleh

Rahmat Apiti: Tim RAISA Bangun Opini Hoax Terkait Elektabilitas

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Direktur AMAN Center La Ode Rahmat Apiti menyebut, tim Rusda Mahmud-Safei Kahar (RAISA) hanya membangun opini tidak benar terkait elektabilitas pasangan Cagub nomor urut 3.

Pernyataan Rahmat ini dikemukakan menyusul adanya tanggapan ‘pedas’ Wakil Ketua Tim Pemenangan RAISA, Jaffray Bittikaka atas hasil survei yang dirilis Jaringan Suara Indonesia (JSI) pada Jumat 27 April 2018.

Yang mana, Jaffray menilai, hasil rilis JSI tersebut tidak realistis karena menempatkan RAISA pada urutan kedua. Bukan nomor satu sebagaimana hasil survei internal yang dilakukan tim RAISA.

“Itu bentuk kepanikan mereka (tim RAISA) karena selama ini mereka membangun opini hoax terkait elektabiltas RAISA,” kata Rahmat, Sabtu 28 April 2018.

Menurutnya, metodologi yang dilakukan JSI bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hasil survei JSI, kata dia, dapat dibandingkan dengan hasil survei lainnya yang independen. Bukan dengan opini yang menyesatkan.

Baca Juga:  Dituding Sebar Hoax, Ini Kata Jubir AMAN Center

“Kekhawatiran tim RAISA dengan hasil survei JSI menunjukkan kalau mereka tidak siap tempur dilapangan,” ujar Rahmat lagi.

Mengenai JSI yang hingga kini belum terdaftar di KPU Sultra, Rahmat menegaskan bahwa pihaknya tidak mempersoalkan keabsahan lembaga survei tersebut.

“Itu urusan lain. Yang jelas, JSI bukan lembaga abal-abal. Kredibilitasnya sudah mumpuni. Jadi bukan subtansi persoalan,” pungkasnya.

La Ode Rahmat Apiti

Sebelumnya, kemarin, dihadapan puluhan awak media, Wakil Direktur Eksekutif PT JSI, Popon Lingga Geni membeberkan hasil survei lembaganya ke publik.

Dalam rilisnya, Popon mengungkapkan bahwa pihaknya melaksanakan survei tingkat dukungan Paslon sebanyak dua kali. Pertama di bulan Agustus 2017.

Pada saat survei itu menempatkan pasangan Cagub nomor 1, Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) di posisi pertama dengan tingkat dukungan 26,0 persen. Di posisi kedua, Paslon nomor urut 2, Asrun-Hugua (SURGA) dengan 22,6 persen. Sementara di posisi terakhir, Paslon RAISA dengan tingkat dukungan sebanyak 21,8 persen.

Baca Juga:  Lukman Kecewa, Paket AMAN Sudah Tak Aman Lagi?

Kemudian, pada survei kedua di bulan April 2018, hasil survei JSI masih menempatkan pasangan AMAN di posisi teratas dengan dukungan 48,8 persen. Sedang pasangan SURGA dan RAISA bertukar posisi. RAISA peroleh dukungan 21,6 persen dan SURGA 14,3 persen.

Untuk diketahui, metodologi pengumpulan data JSI ini menggunakan teknik sampling multistage random dengan jumlah 700 responden. Lalu, wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner.

Untuk margin of errornya sebesar lebih kurang 3,8 persen dengan selang kepercayaan 95 persen.(a)

Penulis: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED