oleh

Rutan Kelas IIB Raha Over Kapasitas

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA – Warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Raha, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mengalami over kapasitas. Rutan yang seharusnya menampung 210 warga binaan, kini dihuni 362 tahanan dan napi.

Kepala Rutan Kelas IIB Raha, LM Masrul mengatakan, kondisi yang dialami warga binanaannya sudah sangat memprihatinkan. Pasalnya ruangan yang seharusnya di huni antara 13 hingga15 orang, justru kini ditempati 20 bahkan 25 tahan dan napi. Menurutnya itu sudah sangat tidak layak.

Baca Juga:  'Bunga Jati Muna' Karya Anak Lapas Bernilai Ekonomi

Akibatnya, kenyamanan istirahat para warga binaan dalam ruangan huni menjadi tidak nyaman.

“Kami dari pihak petugas rutan sedang mencari jalan keluarnya, bagaimana caranya didalam ruang huni para warga binaan bisa muat dan bisa tidur dengan nyenyak,” kata LM Masrul pada awak media saat disambangi di ruang kerjanya, Jumat 25 Oktober 2019.

Masrul berencana akan melakukan penambahan ruangan tahanan. Namun pihaknya masih menunggu instruksi dari Kanwil pusat, apakah anggaran untuk pembangunan ruang tahanan ditambahkan atau tidak.

Baca Juga:  'Bunga Jati Muna' Karya Anak Lapas Bernilai Ekonomi

“Yang jelas usulan kami sudah kami teruskan ke pusat,” ungkapnya.

Masrul menambahkan, sambil menunggu jawaban dari Kanwil Pusat untuk persetujuan penambahan ruangan ia juga mengaku telah melakukan langkah antisipasi. Dua ruangan huni telah dibangun pada lahan kosong di areal Rutan. Namun sayang, hal itu belum dapat mengurai over kapasitas.

“Sambil menunggu keputusan dari pusat, dari dana yang ada kita sudah bangun dua ruang huni,” pungkasnya.(b)

Penulis: Sudirman Behima
Editor: Kas

NEWS FEED