oleh

Selama Ramadhan, Volume Sampah Kendari Meningkat 410 Ton Perhari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Akhir-akhir ini sampah mulai menjadi masalah yang cukup serius di ibu kota Sulawesi Tenggara (Sultra). Di bulan Ramadhan 2019, volume sampah di Kendari meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, Paminuddin mengatakan, selama Ramadhan volume sampah meningkat hingga mencapai 10 persen per hari atau sekitar 410 ton per hari.

Baca Juga:  Ternyata, Ini Penyebab Banyak Sampah Berserakan di Kota Raha

“Sebelum Ramadhan, volume sampah yang dihasilkan di Kota Kendari kurang lebih 400 ton per hari. Namun sekarang ini volume sampah kita bertambah 5 sampai 10 persen,” kata Paminuddin, Selasa 14 Mei 2019.

Menurutnya, dari semua sampah, kulit kepala muda menjadi sampah yang mendonimasi.

Ia mengaku masih kekurangan armada dan personil untuk mengangkut sampah ratusan ton tersebut. Saat ini pihaknya hanya memiliki 36 unit armada pengangkut.

Baca Juga:  Selamatkan Pasar Laino dari Dampak Pencemaran Sampah

“Kita sangat kekurangan armada maupun personel. Idealnya kita harus memiliki 60 unit armada pengangkut sampah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagai upaya menurunkan volume sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan menaikkan gaji petugas kebersihan. Hal tersebut juga dilakukan agar pengelolaan sampah di Kendari semakin maksimal.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED