oleh

Sembilan Desa di Mubar Keciprat Bantuan Pengelolaan Air Limbah Domestik

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Dinas Perumahan Kawasan, Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) keciprat program sanitasi dari Dana Alokasi Khusus (DAK) berupa Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) untuk 2019.

Kepala DPKPP, La Ode Butolo mengatakan pihaknya mendapatkan bantuan itu bersumber dari DAK yang tersebar di sembilan desa di Mubar. Kata dia, SPALD tersebut merupakan program penyehatan lingkungan kawasan permukiman rakyat.

“Tahun ini kita dapat DAK sanitasi untuk sembilan desa yang tersebar di wilayah Mubar. Sementara soal lokasi kita belum tahu karena pemerintah pusat yang tentukan. Kita tunggu saja keputusan dari sana,” ungkap Butolo, Senin 30 September 2019.

Baca Juga:  Ini Jawaban Kadis PKPP Mubar Soal Proyek SPALD di Desa Lakanaha

Butolo mengungkapkan, bantuan sanitasi tersebut terbagi dalam tiga kelompok yakni SPALD MCK puls, Ipal biasa, dan MCK dengan tangki air.

“SPALD MCK plus itu dibuat dengan bangunanya dan dilengkapi dengan listrik. Kemudian Ipal biasa itu tidak ada bangunannya hanya penampungan saja. kemudian disambungkan pipa kerumah-rumah warga. Dan MCK dengan tangki air dengan kapasitas lima layanan dalam satu desa,” sebut Butolo.

Baca Juga:  Bupati Rajiun Puji Kinerja Kadis Perumahan dan Pemukiman Mubar

Butolo berharap, dengan bantuan sanitasi penyehatan lingkungan kawasan permukiman dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik.

“Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa memberi rasa aman, sehat dan lingkungan masyarakat dapat tercapai,” terangnya.(b)

Penulis: Zulfikar
Editor: Bas

NEWS FEED