oleh

SMKN 2 Raha Siap Terima Peserta Didik Baru, Ini Jadwal dan Persyaratannya!

PENASULTRA.COM, KENDARI – Menjelang Tahun ajaran baru 2020/2021 sejumlah sekolah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mempersiapkan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Salah satunya Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Raha Kabupaten Muna. SMKN 2 Raha biasa juga disebut Sekolah Teknik Menengah (STM) Raha.

Kepala SMKN 2 Raha, La Ode Hasiba menjelaskan bahwa penerimaan siswa baru di sekolahnya dimulai tanggal 22 Juni sampai 4 Juli 2020.

Proses pendaftarannya dilakukan secara online. Namun, pendaftaran manual juga tetap dibuka. Hal ini untuk mengantisipasi calon peserta didik yang tidak dapat menjangkau jaringan internet.

Untuk tahun ajaran baru ini pihaknya akan menerima sekitar 9 rombel atau kelas.

“Kalau bangunan sudah pasti 2 ruangan, Elektro 3 ruangan, dan otomatif empat ruangan”, jelas La Ode Hasiba saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 11 Juni 2020.

Lebih lanjut La Ode Hasiba mengungkapkan bahwa untuk SMK tidak dikenakan sistem zonasi. Hal ini disebabkan perbedaan jurusan antara SMK yang satu dengan yang lainnya.

“Beda dengan SMA umum, Kalau SMK tidak pake sistem zonasi karena dia besicnya keterampilan. Kalau SMA umum kan jelas, semua sekolah pasti sama jurusannya”, pungkasnya.

Sementara itu, La Ode Sadia Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Pendaftaran PPDB ada dua tahap, pertama pendaftaran online kemudian pendaftaran manual.

Untuk pendaftaran onilne dapat diakeses melalaui alamat https//:sultra.siap-ppdb.com.

“Semua sekolah alamat pendaftarannya sama. Nanti dalam form itu, calon siswa tinggal memilih sekolah dan jurusan yang dia inginkan”, terang La Ode Sadia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya, Jumat, 12 Juni 2020.

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi calon Peserta Didik Baru:

  1. Pas foto ukuran 3×4 dan 2×3 masing-masing 3 lembar
  2. Fotokopi Surat Keterangan Lulus (SKL)
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Akta Kelahiran
  5. Fotokopi piagam penghargaan (bila ada)
  6. Fotokopi Kartu Penerimaan Bantuan misalnya KIP/PKH (bila ada).
  7. Fotokopi buku rapor semester 1 sampai semester 5

“Karena akan diambil empat pelajaran yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Matematika, dan IPA. Rata-rata nilai itu yang akan diambil untuk menjadi salah satu penentu kelulusan mereka”, terang La Ode Sadia.

“Dan semua berkas tersebut diaplod secara online melalui alamat https//:sultra.siap-ppdb.com”, tutupnya.

Penulis: La Ode Husaini

Komentar

NEWS FEED