oleh

Sukanto Toding: Butur Siap Jadi Technopark Sumberdaya Perairan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Integrasikan potensi Produk Unggulan Daerah (PUD) dengan pengembangan strategi Quadruaple Helix- 4 Pilar (ABGC), Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sulawesi Tenggara (Balitbang sultra) gelar Fokus Group Diskusi (FGD) bersama dengan pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur).

Dalam FGD itu, Pemkab Butur siap jadi Technopark (TP) sumber daya perairan.

Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding berharap Pemkab dapat mengembangkan TP sumber daya perairan yang berada diwilayah Butur.

Baca Juga:  Kemenpar Optimis Target 17 Juta Kunjungan Wisman Tercapai di Akhir Tahun

Kata Sukanto, TP sumber daya perairan itu nantinya disamping sebagai kawasan pusat produksi, juga sebagai pusat unggulan aplikasi teknologi. Serta pusat pembelajaran daerah untuk pengembangan komoditas unggulan.

“Akhir dari FGD ini adalah tersusunnya masterplan TP sumberdaya perairan Butur. Sehingga bisa dijadikan pedoman pengelolaan sumber daya perairan Butur yang berdaya saing dan berkelanjutan,” ujarnya, via WhatshAppnya, Senin 10 September 2018.

Baca Juga:  GPMI dan LPKP-K Indonesia Minta Pj Gubernur Copot Kabalitbang Sultra

Lanjut Sukanto, disamping Butur sebagai daerah TP, ada beberapa daerah lain juga diarahkan sebagai TP di Sultra. Diantaranya Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) sebagai TP Kakao dan Kabupaten Bombana TP Kelapa serta pisang berdasarkan Surat Keterangan (SK) Gubernur Sultra No. 82/2017.(b)

Penulis: Edi Sartono
Editor: La Basisa

Komentar

NEWS FEED