oleh

Sulkarnain Persilahkan Warga di Bantaran Sungai Wanggu Pilih Domisili Baru

PENASULTRA.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari Sulkarnain sangat prihatin dengan warga yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) Wanggu, Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga. Betapa tidak, setiap musim hujan datang banjir selalu menggenangi wilayah mereka.

Sebagai bentuk perhatian itu, pemerintah kota (Pemkot) Kendari telah berencana memindahkan warga di DAS Wanggu.

Sulkarnain mengatakan, soal pemindahan pihaknya telah melakukan komunikasi secara persuasif ke masyarakat. Namun hingga saat ini belum ada kesepakatan.

Baca Juga:  Akhir Tahun 2019, Walikota Pantau Pembangunan SD di Kendari

“Saya sudah instruksikan kepada lurah setempat untuk berkomunikasi dengan warga disana. Harapannya, solusi terbaik bagi pemindahan masyarakat di DAS Wanggu akan segera disepakati,” kata Sulkarnain saat ditemui di kantor Walikota Kendari, Rabu 4 September 2019.

Menurutnya, alasan warga belum menyepakati pemindahan yaitu jumlah ganti rugi yang telah diajukan pemerintah ke masyarakat.

“Jadi, besaran ganti rugi lahan warga belum tuntas. Itu yang mesti kita dudukkan bersama lagi antara Pemkot Kendari dan masyarakat di bantaran sungai Wanggu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sagu Bisa Jadi Pangan Alternatif Saat Perubahan Iklim

Kendati demikian, kata Politisi PKS ini, pihaknya akan mempersilahkan warga DAS Wanggu untuk memilih lokasi domisili baru mereka.

“Saya putuskan kita bebaskan saja. Supaya masyarakat di bantaran sungai Wanggu bebas memilih mau berdomisili dimana nantinya,” pungkas Sulkarnain.(b)

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Bas

NEWS FEED