oleh

Teguh Setyabudi Dapat Gelar La Ode dari Kesultanan Buton

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BAUBAU – Lembaga adat Kesultanan Buton memberikan gelar Lakina Bhawangina Sulawesi Tenggara (Sultra) kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi.

Pemberian gelar adat dengan status nama La Ode Teguh Setyabudi itu dilakukan secara adat oleh Ketua Keraton Buton, La Ode Jabaru di Baruga Masjid Keraton Buton, Rabu 25 April 2018 atau 9 Syaiban 1439 H.

Sultan Buton ke-40, La Ode Izat Manarfa mengatakan, gelar Lakina Bhawagina adalah bentuk persaudaraan sekaligus menjadi sesepuh di Kesultanan Buton.

Hal senada juga diungkapkan Penjabat (Pj) Walikota Baubau, Hado Hasina. Katanya, gelar yang baru disematkan pada nama Pj gubernur tersebut bermakna sebagai putra terbaik Sultra.

Baca Juga:  Terkait Pansel Sekda Sultra, Teguh Pastikan Konsultasi dengan AMAN

Menurutnya, nilai luhur yang diwariskan oleh para leluhur Kesultanan Buton merupakan nilai-nilai yang tidak lekang oleh perkembangan zaman. Masih relevan untuk diterapkan dalam sistem pemerintahan saat ini.

Para lelulur telah mewariskan filosofi bahwa pemimpin dan rakyatnya tidak boleh terpisah dan seorang pemimpin harus selalu memikirkan kepentingan rakyatnya. Namun demikian, rakyat juga harus tahu menghargai pemimpinnya, mengerti bagaimana menjaga wibawa pemimpinnya (poromu yinda asaangu, pogaa yinda akoolota).

“Saya ucapkan selamat atas pak Teguh dengan gelar barunya,” kata Kadis Perhubungan Sultra ini saat menyampaikan sambutannya pada acara prosesi pemberian gelar adat tersebut.

Baca Juga:  HMI Desak Pengusutan Kasus Pemukulan Kadernya di Baubau

Sementara itu, Teguh Setyabudi mengaku sangat terhormat atas pemberian gelar La Ode yang kini telah melekat di namanya.

Gelar itu, kata dia, bukan hanya semata-mata pemberian gelar dan nama biasa saja. Tapi, hal itu sebagai lambang ikatan kekeluargaan dan amanah dari seluruh masyarakat Buton.

“Atas pemberian ini saya mohon dukungan dan support. Tentu saja saya tidak berdiri sendri. Dengan doa, kepercayaan dan dukungan, mari kita berjuang bersama,” ucap Teguh.(a)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Mochammad Irwan

Komentar

NEWS FEED