oleh

Tenaga Konstruksi di Konsel Disertifikasi

PENASULTRA.COM, KONSEL – Sebanyak 200 tenaga konstruksi Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengikuti kegiatan uji sertifikasi di Aula Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) di Andolo, Senin (23/9/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh tenaga kontsruksi yang terdiri dari tukang batu, kayu dan tukang besi ini terselenggara atas dukungan
Balai Jasa Kontruksi (Jakon) Wilayah VI Makassar dan LPJK Provinsi Sultra. Penyelenggaraan Jakon ini mengacu pada UU RI nomor 2 tahun 2017.

Baca Juga:  Kemenag Konsel Gelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Pendidikan Madrasah

“UU ini mengatur bahwa setiap tenaga kerja konstruksi wajib memiliki sertifikasi melalui proses sertifikasi kompetensi kerja, yang dikeluarkan lembaga sertifikasi profesi yang ditunjuk pemerintah,” kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Konsel, Armansyah dalam kata sambutannya pada pembukaan kegiatan sertifikasi tenaga konstruksi di Andolo.

Menurutnya, pekerja konstruksi dituntut untuk lebih profesional dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kondisi infrastruktur yang handal dan berkelanjutan yang diselenggarakan berdasarkan prinsip good governance.

Baca Juga:  Video: Surunuddin Dangga Mengkomandoi Penyiapan Lokasi Perayaan HPS di Konsel

Ketua panitia kegiatan, Herti Hermawati menambahkan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan UU nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi, dan PP nomor 30 tahun 2000 tentang penyelenggaraan pembinaan konstruksi dan peraturan turunannya.

“Ini bertujuan untuk menciptakan tukang yang handal, terampil dan berkompeten dibidangnya,” tukas Herti.(b)

Penulis: Sopi
Editor: Mil

NEWS FEED