oleh

Terjadi Kekosongan Jabatan, Ruksamin Lantik Penjabat Sekda Konut

PENASULTRA.COM, KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin kembali melantik pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Konut H. Kasim Pagala, Hari ini Senin 22 Februari 2021. Pelantikan Pj Sekda ini untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda sejak tanggal 28 Desember 2020 dengan pengunduran diri Pejabat Sekda periode sebelumnya pada tanggal 21 Desember 2020.

Berdasarkan amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden (PP) nomor 3 tahun 2018 tentang penjabat Sekda, pada Pasal 3 menegaskan masa jabatan penjabat Sekda sebagaimana dimaksud pada ayat 2 paling lama enam bulan dalam hal Sekda tidak bisa melaksanakan tugas, dan paling lama tiga bulan dalam hal terjadi kekosongan jabatan Sekda.

Lebih lanjut, pada Pasal 5 ayat 2 menegaskan bahwa Bupati/Walikota mengangkat Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota untuk melaksanakan tugas Sekretaris Daerah setelah mendapat persetujuan Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah sebagaimana dalam surat Persetujuan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor : 133.74/582 Tanggal 10 Februari 2021 Tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Penjabat Sekretaris Daerah mempunyai tugas strategis yaitu membantu tugas kepala daerah menyusun kebijakan dan pengordinasian administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah, serta pelayanan administratif.

Bupati Konut Ruksamin selaku kepala daerah menyampaikan harapan agar penjabat Sekda yang telah diberikan tugas dapat melaksanakan fungsi dan tugas Penjabat Sekda dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

“Disamping itu juga, Penjabat Sekretaris Daerah harus dapat memastikan program-program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut agar berjalan sesuai dengan perencanaan, “jelasnya.

Sehubungan dengan dilantikanya Penjabat Sekda Kabupaten Konut, sehingga memiliki tugas dan tanggung jawab yang semakin besar, maka diharapkan harus dapat bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas serta berkoordinasi dengan baik pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada seluruh program dalam mewujudkan Konawe Utara yang semakin sejahtera dan berdaya saing (Konasara Jilid II) dapat berjalan dengan baik.

Tidak luput Bupati Konawe Utara menghaturkan terima kasih dan apresiasi kepada pribadi H Martaya yang telah menjalankan tugas sebagai Sekda Kabupaten Konut dengan baik selama kurang lebih 5 tahun.

“Semoga amal baktinya dalam menjalankan tugas selama ini, semoga mendapat ganjaran dari Allah SWT sebagai amal ibadah, “tutupnya.

Penulis: Zakki

NEWS FEED