oleh

Tingginya Intensitas Hujan, Bupati Konut Imbau Warga Waspada Banjir

-Pena Daerah-177 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jajaran Kepolisian, TNI, BPBD dan Basarnas Konut agar memberlakukan kesiapsiagaan.

Hal itu diungkapkan Bupati Ruksamin dalam video yang diterima awak media ini, Minggu, 10 Juli 2022.

“Mengingat saat ini tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Kabupaten Konawe Utara pada hari ini membuat permukaan air sungai di jembatan perbatasan Kecamatan Landawe – Langgikima naik hingga tersisa 1 meter dari badan jalan,” kata Ruksamin.

Olehnya itu, Bupati Konawe Utara dalam vidio singkatnya yang dibagikan pada sejumlah media sosial menyampaikan himbauan kepada masyarakat dan seluruh Jajaran Pemerintah Daerah Konawe Utara mulai dari kepada OPD, Camat, Kepala Desa serta kepada pihak kepolisian dan TNI untuk senantiasa berhati-hati dan selalu waspada mengingat saat ini hujan masih terus turun dan tentunya posisi air akan terus naik.

“Saya menyampaikan kepala seluruh pimpinan OPD, Forkopimda, bapak Kapolres, bapak Penghubung Kodim, DPRD Konawe Utara, Camat, Kepala Desa dan seluruh masyarakat Konawe Utara hujan masih terus turun posisi air yang ada di jembatan perbatasan antara Landawe dan Langgikima sisa 1 meter kemudian mencapai jalan, saya menghimbau untuk terus berhati-hati dan tetap waspada”, imbau Ruksamin.

Saat ini pemerintah Kabupaten Konawe Utara telah menyiapkan kesiapsiagaan kemungkinan terjadinya banjir.

Peringatan dini (early warning) ini juga dituangkan dalam SK nomor 362/6803/2022 tentang siaga darurat banjir dan tanah longsor serta cuaca ekstrim.

Dalam SK tersebut, Bupati Konawe Utara, H Ruksamin menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk menyiapkan personil dan peralatan penanganan bencana.

Penulis: Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait