oleh

Usai Konawe Utara, Gempa Kembali Guncang Wilayah Konkep

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Setelah wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) diguncang dua kali gempa bumi tektonik hari ini, rupanya aktivitas gerak bumi di Sultra belum usai.

Tak lama berselang usai gempa kedua melanda wilayah perairan Konut, wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) siang tadi juga diguncang gempa.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia mengatakan, gempa di Konkep tersebut terjadi pada pukul 13:39:56 Wita dengan kekuatan 3,2 Magnitude.

Baca Juga:  Ali Mazi Sarankan Pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo yang berada di sekitar Konkep,” kata Rosa dalam keterangan persnya, Rabu 3 Oktober 2018.

Ia mengungkapkan, episenter gempa di Konkep ini terletak di koordinat 3,94 LS–122,98 BT sekitar 40,7 Km Timur Laut Kendari pada kedalaman 9 Km.

Dampak gempa bumi berupa guncangan, kata dia, dirasakan oleh masyarakat Wawonii. Skala intensitasnya, I SIG BMKG (II MMI).

Baca Juga:  DPM-PTSP Gandeng NSLIC Sosialisasikan Penggunaan OSS

Namun begitu, lanjut Rosa, hingga laporan ini dituntaskan pada pukul 14.55 Wita, belum ada lagi aktivitas gempa susulan di wilayah Konkep.

“Saya menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Sebab, gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED