oleh

Usulan Pinjaman Dana ke PT. SMI Ditolak, Wabup Konkep Kecewa

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Andi Muh Lutfi mengaku sangat kecewa dengan sikap sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep.

Pasalnya, usulan persetujuan Pemda Konkep untuk meminjam dana ke PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp200 miliar ditolak mentah-mentah.

Padahal, rencana Pemda Konkep mengajukan pinjaman dana miliaran ke perusahan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu semata-mata untuk percepatan kemajuan pembangunan infrastruktur di Pulau Wawonii tersebut.

Menurut Muh Lutfi, harusnya DPRD Konkep menyetujui permintaan Pemda demi kemaslahatan rakyat. Sebab peruntukan dana Rp200 miliar itu sangat jelas rinciannya.

“Banyak daerah lain melakukan pinjaman ke PT. SMI untuk melakukan pembangunan daerah. Hanya di Konkep yang tidak disetujui DPRD-nya. Aneh betul anggota DPRD yang menolak permintaan Pemda Konkep ini,” kata Andi Lutfi di ruang kerjanya, Senin, 5 November 2018.

Baca Juga:  Jaswan: Konkep Mekar Hasil Perjuangan Para Tokoh

Ia menjelaskan, sebelumnya Pemda telah menyurati DPRD Konkep bersama lampiran rincian peruntukkan anggaran miliaran yang akan dipinjam.

Padahal dengan adanya bantuan dana tersebut, kata Lutfi, infrastruktur jalan lingkar hingga dua objek wisata Kampa dan Tumburano sudah bisa teraspal termasuk jembatan juga akan dibangun.

“Rincian Pemda Konkep jelas bahwa Rp160 miliar untuk pengaspalan jalan lingkar dan Rp40 miliarnya untuk pembangunan jembatan. Itu semua selain jalan status provinsi,” sebutnya.

“Jadi tidak ada alasan mereka menolak persetujuan itu. Sekarang kita tunggu DPRD Konkep yang baru pada 2019 untuk kita ajukan lagi. Saya doakan anggota yang menolak itu semoga tidak lolos lagi di DPRD karena ini untuk kepentingan masyarakat dan daerah kita bukan untuk bupati atau saya wakil bupati,” sindir Lutfi dengan wajah kecewa.

Baca Juga:  Pelantikan 20 Aleg Konkep Didominasi Wajah Baru

Ia menyebut, jika usulan Pemda ini disetujui DPRD, maka Pemda nantinya akan melunasi pinjaman tersebut dalam kurun waktu 4 tahun lamanya.

“Saya sebagai orang ekonomi paham pengelolaan dana pinjaman itu,” tekan mantan direktur salah satu bank swasta di Sultra itu.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Konkep, Abd Rahman saat dikonfirmasi awak media ini terkait alasan penolakan pinjaman dana ke PT. SMI ini belum juga ada jawaban apa-apa hingga berita ini dirilis.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED