oleh

Warga Desa di Kecamatan Kusambi Dilatih Membuat VCO

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Tim peneliti dari Universitas Halu Oleo (UHO) melatih para warga Desa Napano, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) membuat Virigin Coconut Oil (VCO).

Pelatihan pemanfaatan sumber daya alam, yakni buah kelapa menjadi suatu produk yang berkualitas tinggi tinggi itu dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas warga desa, khususnya para ibu rumah tangga.

Salah satu tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM), H Ahmad Zaeni menjelaskan, VCO merupakan minyak yang diperoleh dari daging buah kelapa tua segar yang diperas dengan atau tanpa penambahan air.

Baca Juga:  Mahasiswa UHO Pindahkan Perkuliahan di Gedung DPRD Sultra

“VCO dapat diproduksi secara sederhana karena membutuhkan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Secara sederhana VCO dapat diproduksi menggunakan metode fermentasi,” jelas Ahmad Zaeni, Kamis 10 Oktober 2019.

Ketua Jurusan Kimia di Pascasarjana UHO ini menilai, Desa Napano adalah desa penghasil kelapa. Namun warga setempat masih menjual kelapa dengan harga yang sangat murah.

“Ini menjadi alasan dilaksanakan pembinaan. Disana (Napano) juga masyarakat umumnya adalah petani. Salah satu produknya adalah kelapa dan masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang masih kurang produktif. Olehnya itu kita dorong dengan pelatihan pembuatan produk VCO agar bisa bermanfaat,” beber Ahmad.

Baca Juga:  Tim Putri FIB Jawara Basket di Ajang Dekan FISIP UHO Cup

Ia berharap, program PKM ini dapat membuat masyarakat memperoleh nilai tambah yang lebih besar. Sehingga dapat membuka lapangan kerja baru di Kusambi.

“Dan juga dapat meningkatkan pendapatan petani kelapa pada khususnya, sehingga akan berdampak terhadap perekonomian daerah setempat,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Faisal

NEWS FEED