oleh

Ali Mazi Janji Bangun Kembali Pemukiman Warga Gunung Jaya yang Terbakar

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pasca bentrok antar dua kelompok pemuda Desa Gunung Jaya dengan Desa Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara, Rabu 5 Juni 2019. Gubernur Sultra Ali Mazi berjanji akan memperbaiki pemukiman warga Desa Gunung Jaya yang terbakar.

“Ada bantuan dari kementrian berupan bahan bangunan rumah, isi hunian. Juga usaha ekonomi kreatif, jaminan hidup dan santunan para ahli waris,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kominfo Sultra, Saifullah saat mendapingi Ali Mazi dalam kunjungannya ke lokasi konflik desa Gunung Jaya, Jumat 7 Juni 2019.

Kunjungan Gubernur Sultra, kata Saiful juga memberikan bantuan tanggap darurat berupa makanan dan minuman dipenampungan pengungsi serta tim medis dari Pemda Buton serta lainnya yang bersifat urgen.

Baca Juga:  SK Bupati Buton Tentang Pilkades Serentak Dibatalkan Hakim PTUN

“Pemda Buton tidak sendiri dalam menyelesaikan dan menangani permasalahan ini,” bebernya.

Ia meminta masyarakat tak terprovokasi, sebab semua sudah ditangai oleh penegak hukum dan ditekankan akan adil dan transparan menindak pelaku berdasarkan bukti-bukti lapangan.

Pengarahan Gubernur Sultra, Ali Mazi pada pengungsi Desa Gunung Jaya di Mesjid Babut Taqwa di Desa Laburunci Kecamatan Pasarwajo. FOTO: Ewit Diakominfo Sultra

Menurutnya, Pemprov Sultra bersama Pemda Buton dan aparat terkait akan menjamin memulihkan kembali susana keamanan dan kenyamanan agar memberikan kesejukan dan keharmonisan kembali antara warga dua desa tersebut.

“Kita orang Buton adalah orang yang saling menyayangi, bersatu, menjunjung tinggi leluhur kita dan tidak mudah dipecah belah. Sehingga kita berikan kepercayaan dan serahkan masalah ini kepada penegak hukum sesuai aturan dan undang-undang (UU) yang berlaku,” tukas Saifullah mengutip pernyataan Ali Mazi.

Baca Juga:  Komitmen Bangun Desa, Para Perangkat Desa Di Buton Bentuk PPDI

Untuk diketahui, Pangdam VII Hasanudin juga memberikan bantuan tanggap darurat berupa beras, mie instan dan air mineral.

Bantuan personil Rider TNI AD dari Makassar juga telah tiba di Buton menggunakan kapal TNI AL dan pesawat TNI AU jenis CN 235 untuk pemulihan keamanan serta menjanjikan siap mengirim pasukan Sipur sebagai tenaga Rekonstruksi bangunan warga yg korban kebakaran. Gubernur Sultra, Ali Mazi bersama Pangdam VII Hasanuddin langsung menuju ke dua desa tersebut.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Kas

NEWS FEED