oleh

Ali Mazi Sebut Festival Budaya Tua Buton Gaungnya Telah Mendunia

PENASULTRA.COM, BUTON – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mengatakan, Festival Budaya Tua Buton gaungnya telah mendunia atau go international. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran turis dari 14 negara di festival yang dipusatkan di ibu kota Kabupaten Buton tersebut.

“Yang datang khususnya peserta kapal yacth atau sail wonderful Indonesia sehingga festival ini dapat memiliki stansar nasional,” kata Ali Mazi saat menyampaikan sambutan di hari terakhir Festival Budaya Tua Buton, Sabtu 24 Agustus 2019.

Baca Juga:  Mutasi Eselon Pemprov Sultra, La Ode Mustari Ganti Nur Endang Abbas

Dengan adanya festival ini, Ali Mazi berharap dunia tak hanya mengenal Pulau Buton sebagai daerah penghasil aspal terbesar saja, namun juga sebagai pusat pengembang promosi tradisi kebudayaan.

“Dunia luar tahunya Buton penghasil aspal terbesar di dunia meski hingga saat ini belum dapat dikelola secara maksimal sehingga belum membawa dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Buton, La Bakry mengatakan, festival kali ke-7 ini cukup menarik, karena dihadiri wisatawan mancanegara melalui kapal-kapal yacht dari 14 negara.

Baca Juga:  Ali Mazi Harap Perguruan Tinggi Ikut Sukseskan Program Pemprov Sultra

Negara-negara tersebut yakni Turki, USA, UK, BRISTISH, JERMAN, new Zealand, Australia, Malaysia, Belanda, Kanada, Polandia, Norwegia, Swedia dan Spanyol.

“Ada 34 kapal yacht. Sejak 12 Agustus sudah mulai berdatangan berlabuh di teluk Pasarwajo dengan jumlah kapal 34,” tutur Bakry.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED