oleh

ARF: Usia Mubar Bertambah Kesejahteraan Rakyat Harus Meningkat!

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Selamat hari ulang tahun yang ke 4 Kabupaten Muna Barat. Demikian kata Abdul Rahman Farisi (ARF) saat berbincang dengan beberapa tokoh masyarakat Muna Barat di Kantin Kantor Bupati Muna Barat, Senin 8 Oktober 2018.

Ia menyebut Muna Barat dalam usianya yang ke empat tahun ini kian menunjukan geliat pembangunan yang sangat baik. Bila dibandingkan dengan daerah otonomi baru lainnya.

“Setiap tahun pertambahan umur Mubar itu sebanding dengan peningkatan kesejahteraan rakyat,” kata Abdul Rahman.

Abdul Rahman Farisi (ARF) adalah akademisi Universitas Hasanuddin Makassar serta pengamat ekonomi nasional yang kini hijrah di panggung politik. Ia mundur dari profesinya sebagai dosen negeri dan memilih jalur politik untuk mengabdikan diri kepada rakyat dan daerah.

Ayah dua anak ini tercatat sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan Sulawesi Tenggara. Kendati begitu, ia mengaku tak akan berhenti mengurai gagasannya dalam mencari solusi atas segala masalah rakyat khsusnya masyarakat petani, nelayan dan kelompok wirausaha.

“Muna Barat punya laut dan lahan pertanian yang cukup luas untuk di dorong menjadi daerah swasmbada pagan nasional,” katanya.

Dijelaskan, bicara Muna Barat sama halnya membicarakan daerah-daerah otonomi baru yang masih dalan tahap pembangunan. Namun ada beberapa point penting yang menarik untuk di bahas yaitu perencanaan APBDnya selalu ada progres pembangunan infrastruktur baru, pada bidang ekonomi khususnya pertanian. Sejak dulu produksi pertanian yang ada di wilayah Lawa Raya, Tiworo Raya dan Kusambi Raya, banyak mengisi pasar-pasar di Muna, Buton, Kota Bau-Bau dan sejumlah pasar lainnya di Sultra. Apalagi sektor pertanian dan nelayan ini mendapatkan perhatian serius dari Pemda pada sektor ini cukup baik.

Baca Juga:  Jargon "Amaimo Pada Ini" Dinilai Hanya Lucu lucuan

“Geliat pembangunan itu terasa,” Ucap pria yang akrab di sapa Boge ini.

Sebelum bertandang di Kantin Kantor Bupati Muna Barat, Abdul Rahman mengunjungi pasar di Desa Guali. Ia mengaku sudah melihat beberapa tempat khsusnya di Pasar guali benar-benar mendapat perhatian dari Pemda.

ARF saat berbincang dengan pedagang di Pasar Guali Mubar

Menurutnya, perayaan ulang tahun yang ke 4 ini kado spesial untuk rakyat Muna Barat dari Pemda. Yaitu pembangunan di Mubar cukup signifikan. Masyarakat sudah bisa membedakan antara Mubar dulu sebelum menjadi kabupaten (masih bergabung bersama kabupaten Muna) dan setelah menjadi kabupaten.

Caleg DPR RI dari Partai Golkar ini menjelaskan, untuk terus meningkatkan geliat pembangunan kata dia, perlu ada effort yang lebih kuat lagi dari pemda Mubar.

Tuajuan adalah untuk terus mendorong baik dari sisi pembangunan infrastruktur, ekonomi masyarakat, agar setiap tahun pertambahan umur Mubar itu sebanding dengan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga:  ARF: Kader Golkar Mesti Merebut Kursi Bupati Muna

Abdul Rahman menilai, potensi Mubar, tidak hanya pada sektor pertanian dan nelayan melainkan juga sektor wisata yang sudah mulai bergeliat.

“Memang butuh waktu untuk semua daerah bisa berkembang. Tetapi, yang paling penting adalah trand naiknya terlihat, bukan sebaliknya,” tutur dia.

ARF bersama tokoh lain saat berbincang dengan Bupati Mubar LM Rajiun Tumada dan Gubernur Ali Mazi saat kunjungan Ali Mazi ke Mubar

Selain itu, dia melanjutkan, peningkatan mutu jalur transportasi seperti pelabuhan Tondasi itu di maksimalkan agar dia menjadi sumber pertumbuhan ekonomi melalui jalur perdagangan. Artinya, menyingkat jarak ke Makassar yang kini masih menjadi Pusat pasar kawasan timur Indonesia.

Menurutnya,  kalau jarak makin singkat maka biaya makin kecil, kalau biaya makin kecil artinya tingkat kompetitifnya makin kuat. Kalau tingkat kompetitifnya kuat berarti aktivitas ekonominya makin kuat dan itu akan memicu sumbu usaha-usaha baru di daerah itu.

“Mari kita bangun Sultra dengan cara mendorong geliat pembangunan di 17 Kabupaten/Kota,” kata Caleg DPR RI nomor urut 4 dari Golkar ini.

“Khsus Mubar, sekali lagi saya ucapkan selamat ulamg tahun yang ke 4 dengan capaian pembangunan yang sangat baik. Semoga Pak Bupati Mubar dan seluruh jajarannya terus iklas mewakafkan dirinya untuk daerah tercinta ini,” tutup ARF.

Penulis: Zulfikar
Editor: Kas

NEWS FEED