oleh

Bawaslu Wakatobi akan Lakukan Investigasi Dugaan Pelanggaran Ismawan

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi bakal melakukan investigasi dugaan pelanggaran netralitas ASN, yang dilakukan Penjabat Kades Wapia-pia, Ismawan.

Ismawan yang juga Kepala Seksi Pemuda dan Olahraga, Dispora Kabupaten Wakatobi diketahui menggunakan baju warna kuning bertuliskan Serikat Rakyat Dukung Arhawi Dua Periode (Serdadu) bersama Kades Koroe Onowa dan Kades Kabita Togo. Dugaan pelanggaran tersebut, diketahui melalui beberapa foto yang diunggahnya di salah satu group wathsapp.

Baca Juga:  Bawaslu Sultra Mulai Usut Keterlibatan ASN Saat Kampanye Jokowi

“Yang pertama, kita akan melakukan investigasi untuk mengumpulkan bukti – bukti secara utuh dari berbagai sumber terhadap yang bersangkutan. Kedua, kita akan mengkroscek apakah yang bersangkutan apakah telah di tegur atasannya atau belum,” kata La Ode Januria, Kordiv Hukum saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Meski belum masuk tahapan kampanye pilkada 2020, menurut Januria, dugaan pelanggaran tersebut akan diinvestigasi. Hasil investigasi tersebut, akan diplenokan.

Baca Juga:  Bawaslu Bekali Tim Pemantau Pemilu Badko HMI Sultra

“Ini baru informasi awal jadi belum bisa disebut dugaan pelanggaran karena belum masuk tahapan. Oleh karena itu kita akan lakukan investigasi. Hasilnya akan di sandingkan dengan regulasi yang ada,” urainya.

“Jika terdapat dugaan pelanggaran, kita akan lihat apakah wewenang Bawaslu Kabupaten atau kita akan jadikan temuan dan membawahnya ke Bawaslu provinsi,” tambahnya. (b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Bas

NEWS FEED