oleh

BPBD Kolaka Gelar Pelatihan Antisipasi Bencana

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan mengantisipasi bencana alam di Kecamatan Watubanggga dan Kecamatan Wolo.

Kegiatan rutin tahunan tersebut melibatkan pemuda dan masyarakat setempat sebagai relawan guna menanggulangi bencana sejak dini dengan cepat dan tepat.

Kepala Bidang Perlengkapan BPBD Kolaka, Bustan mengatakan, pelatihan relawan tersebut rutin di gelar dalam setiap tahun.

“Pelatihan ini diharapkan membentuk masyarakat yang selalu siap menanggulangi, baik sebelum atau sesudah terjadinya bencana,” terang Bustan

Baca Juga:  Antisipasi Bencana, BI Bersama Basarnas Kendari Adakan Simulasi

Ia mengatakan, sepanjang kegiatan tersebut pihaknya telah banyak membentuk relawan di setiap Desa, di Kolaka.

Selain memberdayakan masyarakat sesuai dengan kebutuhan penanggulangan bencana, Bustan meyakinkan jika pelatihan yang di gelar ini bertujuan mengurangi risiko bencana yang saat ini rentang terjadi di berbagai daerah di Indonesia termasuk Kolaka.

“Hal ini penting, sebab tidak bisa dipungkiri keterbatasan personel dari BPBD itu sendiri, serta toleransi waktu atau golden time penanggulangan bencana sangat singkat yang mana paling lama adalah 2 jam setelah bencana terjadi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Antisipasi Bencana, BI Bersama Basarnas Kendari Adakan Simulasi

Dijelaskan, resiko bencana dapat dikurangi dengan transformasi pengetahuan kepada para relawan sejak dini. Sehingga relawan ini diharapkan pengurangan resiko bencana menjadi sebuah sistem. Sehingga masyarakat tidak hanya menunggu pemerintah untuk berbuat sesuatu jika bencana terjadi.

“Jadi masyarakat dapat secara sadar bisa mengatasinya secara mandiri, dan resiko bencana dapat diminimalisir,” tutupnya.(b)

Penulis : Bung Okyl
Editor: Kas

NEWS FEED