oleh

Bupati Konsel Apresiasi Bantuan 720 Unit Rumah dari Kemen PUPR

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga mengapresiasi adanya bantuan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pemberian bantuan sebanyak 720 unit tersebut berdasarkan SK Dirjen Penyediaan Perumahan Nomor 45/KPTS/DR/2019 tanggal 19 Juni 2019 tentang penetapan lokasi bantuan yang tersebar di tujuh kecamatan dan 22 desa di Konsel.

“Atas nama pribadi, masyarakat dan Pemkab Konsel kami sangat berterima kasih dan apresiasi atas perhatian dan bantuan yang pemerintah pusat berikan. Ini merupakan hasil jerih payah kita mengajukan permohonan bantuan belakangan ini,” kata Surunuddin saat menyampaikan sambutan usai menerima secara simbolis bantuan bedah rumah dari Kementrian PUPR di Desa Asingi, Kecamatan Tinanggea, Selasa 23 Juli 2019.

Menurutnya, bantuan ini sejalan dengan program Pemkab Konsel untuk mendorong dan menciptakan kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru yang tertuang dalam RPJMD 2016-2021, dengan prioritas melakukan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi layak huni.

Saat ini, Pemkab Konsel melalui ABPD telah melakukan perbaikan sebanyak 7.000 unit RTLH yang tersebar di seluruh kecamatan se-Konsel.

“Kesemuanya kita laksanakan sebagai bagian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memenuhi kebutuhan primernya, meliputi kebutuhan akan pangan, sandang dan papan/rumah, dengan target tahun 2021 atap rumbia se-Konsel tidak akan terihat lagi,” beber Surunuddin.

Adanya bantuan ini, kata Surunuddin, diyakini dapat lebih mempercepat dan memudahkan proses rehabilitasi rumah yang menjadi sasaran. Untuk itu, ia mengimbau kepada warga penerima agar memamfaatkan dana bantuan hanya untuk pembangunan atau perbaikan rumah, bukan buat keperluan lainnya.

“Dan selaku Pimpinan Daerah, kami mengharapkan program BSPS dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan produk infrastruktur yang berguna bagi masyarakat sebagaimana tujuan dasar program ini,” tukasnya.

Untuk diketahui, bantuan ini menggunakan dana APBN Tahun Anggaran 2019. Adapun rincian penerima bantuan yakni di Kecamatan Tinanggea meliputi Kelurahan Tinanggea 25 unit, Kelurahan Ngapaaha 52 unit, Desa Panggosi 25 unit, Asingi 25, Wadonggo 47, Lapoa 25 dan Kelurahan Roraya 51 unit.

Untuk Kecamatan Andoolo meliputi Desa Andoolo, Lalobao, Kelurahan Alangga dan Kelurahan Potoro masing-masing 45 unit.

Di Kecanatan Lalembuu meliputi Desa Atari Jaya da Atari Indah masing-masing 30 unit. Lalu Kecamatan Buke hanya di Desa Pelandia 25 unit. Sementara Kecamatan Palangga ( Desa Eewa 20). Kecamatan Konda meliputi Desa Alebo 45 unit, Cialam Jaya 25 unit, Lamomea 20 dan Desa Tanea 35 unit.

Terakhir Kecamatan Moramo Utara dengan rincian Desa Puasana, Tanjung Tiram dan Wawatu masing-masing 20 unit.(b)

Penulis: Sopi
Editor: Yeni Marinda

NEWS FEED