oleh

Habiskan APBD Miliaran Rupiah, Proyek Terminal Kolaka Mangkrak

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – Proyek terminal tipe C yang terletak di Kelurahan Mangolo, Kecamatan Latambaga, Kabupten Kolaka Sulawesi Tenggara tampak terbengkalai.

Proyek yang menghabiskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kolaka 2016, dengan pagu anggaran kurang lebih Rp3 miliar ini hanya dibiarkan mangkrak tanpa penyelesaian.

Pantauan PENASULTRA.COM, bangunan terlihat sudah ditumbuhi semak belukar. Pagar beton terminal pun terlihat hanya beberapa meter saja yang diselesaikan serta area parkir belum memiliki lantai.

Kepala Dinas Perhubungan Kolaka, Wardi mengaku tidak mengetahui banyak soal proyek terminal ini.

Baca Juga:  Kantongi Sabu, Pria Asal Kolaka Ini Dibekuk Polisi

“Maaf, soal berapa anggaranya dan bagaimana proyek ini saya tidak terlalu tau. Sebeb proyek terminal ini dibangun 2016 lalu, dan saya menjabat sebagai Kadishub kolaka nanti tahun 2017,” kata Wardi saat dikonfirmasi, Senin 3 September 2018.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Dishub Kolaka, Rahmat mengungkapkan, hingga saat ini terminal Mangolo itu belum bisa di fungsikan karena belum adanya akses transportasi.

Menurutnya, proyek ini masih membutuhkan tambahan anggaran APBD untuk perampungan pembangunan pagar beton dan paving block area parkir.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Pj Bupati Kolaka Sidak Pasar Raya Mekongga

Terpisah, aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kontak Indonesia, Edo Ermanto menilai bahwa Pemda Kolaka tidak tuntas dalam melakukan perencanaan proyek pembangunan terminal ini sehingga bangunan yang menghabiskan uang negara miliaran rupiah ini terbengkalai sia sia.

“Kami menilai dibalik proyek tersebut ada sesuatu yang tidak teransparan. Untuk itu kami juga minta agar para penegak hukum ikut andil menulususri proyek yang telah menelan APBD miliyaran rupiah ini,” tukasnya.(b)

Penulis: Miswan Okyl
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED